Dr. Kenius Kogoya Hanura Papua Politik

Tuesday, 20 December 2022 - 14:22 WIB

1 month yang lalu

Thema HUT Partai HANURA ke-16 : Membangun Indonesia Dengan Hati Nurani

EBPN.com. Dr. Kenius Kogoya, S.P., M,Si menyampaikan bahwa HUT Partai Hanura ke-16 yang jatuh pada.tanggal 21 Desember 2022, mengambil thema ” Membangun Indonesia Dengan Hati Nurani “. Kenius Kogoya menjelaskan bahwa thema yang diambil tersebut maknanya sangat dalam sekali, khususnya menyangkut dalam hal kehidupan bernegara berbangsa dan pelaksanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Menurut Kenius Kogoya, yang juga merupakan seorang Doktor termuda di provinsi Papua, perwujudan sirkulasi kepemimpinan nasional dan pemerintahan bukan lagi untuk memenuhi ambisi perorangan atau kelompok, namun merupakan perjuangan bersama untuk menyelamatkan masa depan bangsa.

Perjuangan itu membutuhkan keberanian untuk menyusun strategi jangka panjang pada keseluruhan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara guna mengembalikan kemandirian dan kebanggaan sebagai bangsa.Untuk itu diperlukan kepemimpimpinan yang jujur, bijak, dan berani yang dapat menggalang persatuan, kebersamaan, dan keikhlasan, sebagaimana dahulu para pendahulu negeri ini `berhimpun bersama sebagai bangsa untuk mencapai kemerdekaan’.

Dalam pandangan Kenius Kogoya, secara sederhana, hati nurani adalah pusat kebenaran sejati. Pada akhirnya, hati nurani adalah solusi dari merosotnya akhlak dan moral bangsa Indonesia. Hati nurani sangat penting untuk mengedepankan kembali kejujuran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang saat ini sedang bermasalah.

Reformasi memang telah memberikan kebebasan, namun harus dibayar mahal dengan hilangnya rasa persaudaraan sebagai bangsa, dan digantikan perasaan yang penuh kebencian, dendam, curiga, saling hujat, bertengkar satu dengan yang lain, bahkan terkadang saling menyerang antaranak bangsa. Keterpurukan ini tidak lain adalah buah dari nafsu yang tidak terbendung, yang tidak dapat dikendalikan. Lawan dari nafsu adalah kekuatan hati nurani. Saatnya semua elemen bangsa diajak kembali menggunakan hati nuraninya dalam berpikir, bersikap, dan bertindak.

Berpegang pada hati Nurani akan menimbulkan karakter yang positif, dengan karakter yang positif, akan dapat mengurangi berbagai perilaku destruktif generasi muda, memberikan arah bagaimana mereka merengkuh masa depan yang cerah. Dengan karakter positif yang kuat, akan dapat membentengi generasi muda dan pelaksana negeri ini dari tindakan-tindakan yang dapat merendahkan martabat bangsa seperti korupsi, dan perilaku manipulatif lainnya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter yang mampu membangun sebuah peradaban besar yang kemudian mempengaruhi perkembangan dunia.

Menurut Dr.Kenius Kogoya, S.P., M.Si, membangun karakter bangsa ( Nation Character Building ) menjadi tanggung jawab bersama semua pihak dan komponen dari bangsa ini untuk ikut terlibat menyingsingkan baju membangun karakter yang kuat dan khas. Semua potensi bangsa haruslah bangkit dan bersatu padu untuk melakukan sebuah gerakan dan tindakan dalam membangun karakter bangsa agar negeri ini bangkit dan meraih cita-cita besarnya sehingga mampu sejajar dengan bangsa-bangsa besar lain di dunia dan mampu memberikan kontribusi bahkan menjadi pusat peradaban.

Lebih lanjut Kenius Kogoya juga menyinggung, terdapat keterkaitan antara integritas diri dan hati nurani. Integritas menyangkut sikap, tindakan dan perilaku yang ditunjukkan oleh individu terhdap nilai-nilai moral, etik, hukum, agama dan sosial budaya yang berlaku sedangkan hati nurani merupakan kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam jiwa seseorang untuk senantiasa melakukan sesuatu yang baik, benar, jujur, tidak melakukan pelanggaran dan tidak melakukan tindakan atau perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kesadaran moral ini akan membuat hati nurani akan merasa sedih dan kecewa apabila seseorang telah melakukan sesuatu tindakan yang tidak sesuai dengan nilai, norma, etika dan moral yang seharusnya dilakukan oleh seorang individu dan sebaliknya akan merasa senang, bangga dan bahagia apabila seseorang mampu melakukan tindakan atau perbuatan yang sesuai dengan nilai, norma, etika dan moral yang dianut oleh diri sendiri dan oleh orang lain.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kualitas integritas di dalam diri seseorang akan menjadi semakin mapan jika pandangan, pikiran tindakan dan perilakunya sejalan, seiring dan menyatu dengan kata hati nuraninya. Menyatunya Integritas dengan hati nurani akan membuat jiwa seseorang selalu dalam keadaan stabil, nyaman dan bahagia karena tidak terjadi konflik batin antara perasaan benar atau salah, baik atau buruk atas tindakan yang akan dilakukan atau setelah sebuah tindakan dlakukan, karena semua sesuai dengan standar moralitas yang dikehendaki oleh hati nurani.

Kenius Kogoya menegaskan bahwa, membangun integritas diri yang paling efektif adalah mendengarkan suara hati nurani. Dibutuhkaan sebuah sikap kepekaan terhadap suara hati nurani sebelum dan susudah melakukan sebuah tindakan ataupun perbuatan, karena hati nurani tidak pernah bohong. Ia selalu mengarahkan kita pada perbuatan yang baik, benar dan tidak menyimpang dari nilai-nilai moralitas.

Selain sifat kepekaan terhadap hati nurani, juga hendaknya kita memiliki sifat yang jujur, terbuka dan transparan untuk menilai diri kita sendiri. Jika kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan hati nurani, maka dengan sikap jujur, terbuka dan transparan untuk mengakuinya dan melakukan koreksi atas tindakan tersebut dan melatih diri untuk tidak melakukan yang bertentangan dengan suara hati nurani.

Selanjutnya melatih logika dan cara berfikir kita sebelum melakukan sesuatu tindakan apakah merugikan orang lain, bertentangan dengan norma moral dan aturan-aturan yang berlaku, karena hati nurani senantiasa mendorong kita menjadi orang yang taat, patuh pada aturan dan ketentuan yang berlaku.

Dengan demikian thema yang diusung dalam HUT Partai Hanura ke 16 ini, sangat tepat sekali, karena untuk membangun Indonesia dan mensejahterahkan masyarakatnya diperlukan Hati Nurani dan pemimpin yang berhati Nurani. Kenius Kogoya juga menjelaskan perayaan puncak Hari jadi Partai Hanura ini rencananya bakal menggelar Peringatan HUT ke-16 di Jakarta Convention Center (JCC), Jl Gatot Subroto Nomor 1, Jakarta, pada Rabu (21/12/2022) mendatang mulai pukul 6 sore WIB.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang mengatakan, jika tidak ada aral melintang, Insyaallah orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan turut membersamai sambung rasa kebahagiaan segenap sumber daya parpol yang baru saja turut ditetapkan oleh KPU sebagai peserta Pemilu 2024 nomor urut 10 pada pleno 14 Desember 2022 lalu.

Memeriahkan HUT, Ketum OSO yang juga Ketua Umum DPP Gebu Minang menginstruksikan seluruh pengurus inti 38 DPD Partai Hanura Provinsi se-Indonesia, ketua 514 DPC Partai Hanura Kabupaten/Kota se-Indonesia, serta 1.180 anggota DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia untuk hadir di JCC. Para pengurus daerah Partai Hanura juga aktif gelar aneka lomba dalam rangka HUT tema Membangun Indonesia Dengan Hati Nurani. Tema ini juga tema konsolidasi legislator Hanura se-Indonesia 20-22 Desember 2022 di Hotel Sultan, tak jauh dari JCC Jakarta.

” Dengan Hati Nurani  yang dijadikan pegangan hidup dan prinsip utama dalam berpolitik dan bernegara, maka sesama anak bangsa akan saling asih, asah, dan asuh, pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat dan pada akhirnya akan terbangun suasana yang tertib, aman, dan damai ”                     ( Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si )

Artikel ini telah dibaca 1987 kali

Baca Lainnya