Budaya Ekonomi Nasional Pariwisata Pemerintahan Pendidikan Politik

Wednesday, 10 November 2021 - 01:03 WIB

6 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: PERKEMBANGAN DAERAH MELALUI PARIWISATA

“Papua memiliki banyak wisata-wisata yang akan menjadi modal besar untuk perkembangan Bumi Cendrawasih ini, oleh karena itu mari sama-sama kita menjaga, merawat, dan melindungi setiap potensi wisata yang ada di Papua”. (KENIUS KOGOTA, S.P., M.SI)

Dalam arti luas, pariwisata adalah kegiatan rekreasi diluar domisili untuk melepaskan diri dari pekerjaan rutin atau mencari suasana lain. Sebagai suatu aktifitas, pariwisata telah menjadi bagian penting dari kebutuhan dasar masyarakat maju dan sebagian kecil masyarakat Negara berkembang. Definisi pariwisata menurut Damanik dan Weber (2006:1) sebagai berikut: Pariwisata adalah fenomena pergerakan manusia, barang, dan jasa, yang sangat kompleks. Ia terkait erat dengan organisasi, hubunganhubungan kelembagaan dan individu, kebutuhan layanan, penyediaan kebutuhan layanan dan sebagainya.

Pariwisata memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan sebuah daerah dan kesejahteraan penduduknya serta kedamaian dalam suatu daerah. Pertumbuhan kunjungan wisatawan yang meningkat, baik itu wisatawan lokal maupun luar negeri mencerminkan kedamaian serta perkembangan disuatu daerah tersebut. Banyak destinasi wisata di Indonesia yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, salah satunya adalah pariwisata yang ada di Papua. Perkembangan pariwisata di Papua mendorong perkembangan fasilitas pariwisata tersebut dan perkembangan fasilitas pariwisata akan mempengaruhi perkembangan Papua dan kesejahteraan dari masyarakat Papua atas pengelolaan pariwisata yang ada.

Sebuah daerah yang memiliki pariwisata yang paling unik bisa sebagai fenomena kepariwisataan yang bisa menarik wisatawa untuk berkunjung. Pariwisata bisa dikaitkan dengan banyak item seperti budaya, gaya hidup, wisata alam, tarian, adat, museum dan lain sebagainya. Orang-orang datang ke suatu daerah yang memiliki wisata tentu memiliki berbagai tujuan: bisa bisnis, kegiatan hiburan dan rekreasi, mengunjungi keluarga dan kerabat, atau urusan pribadi lainnya.

Seringkali, mereka mengunjungi suatu daerah untuk lebih dari satu alasan.  Seperti berbisnis, menyempatkan diri untuk mengunjungi objek wisata seperti museum atau galeri seni di kota yang dikunjungi nya. Atau mereka yang dari luar negeri (wisatawan mancanegara) mengunjungi dan berwisata di kota tertentu sebagai pintu gerbang untuk mengunjungi daerah lain di sekitarnya. Misalkan, wisatawan mengunjungi daerah-daerah di Papua karena letaknya yang paling timur, bisa jadi wisatawan akan tertarik lagi untuk terus menjelajah hingga ke ujung lainnya.

Pariwisata dan pengembangan pariwisata berperan penting dalam memperbaiki perekonomian suatu daerah. Pariwisata menjadi motivasi penting bagi revitalisasi daerah pada masa ini. Dengan bangkitnya kembali daerah-daerah yang berpotensi memiliki wisata yang unik yang tidak terdapat dari daerah laiinya, masyarakat menjadi makmur, dan muncul kelompok menengah yang memacu peningkatan permintaan akan pariwisata dan rekreasi, baik domestik maupun antar negara.

Daerah yang memiliki berbagai daya tarik berupa peninggalan sejarah atau berbagai proyek baru menjadi sasaran kunjungan masyarakat negara maju, di samping kunjungan ke kawasan wisata di lokasi khusus seperti pantai dan pegunungan, semakin banyak wisata yang terdapat pada suatu daerah maka semakin banyak pula persiapan untuk menyediakan kebutuhan wsiatawan atau yang bisa dikatakan seorang tamu.

Masuknya wisatawan dalam suatu Daerah, maka daerah tersebut memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang datang ke daerahnya, salah satu cara memenuhi kebutuhan wisatawan adalah dengan diciptakannya fasilitas pariwisata seperti hotel, rumah makan, cafe, tour travel, money changer, dan area komersial lainnya, dengan demikian akan membuka lapangan-lapangan pekerjaan baru jika dikelola dengan baik.

Dengan demikian, Pariwisata merupakan bagian dari salah satu pengaruh yang besar untuk mengembangkan suatu daerah yang mungkin saja banyak orang yang tidak mengetahuinya. Dan semua itu perlu adanya kerjasama dari berbagai lapisan masyarakat untuk saling membantu dalam hal mengembangkan pariwisata-pariwisata yang ada, dan yang lebih pentingnya adalah bisa menjaga , merawat, melindungi dari setiap apa yang dimiliki oleh daerah. (JS)

Artikel ini telah dibaca 317 kali

Baca Lainnya