Budaya Pendidikan

Monday, 1 November 2021 - 13:00 WIB

7 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: PEMUDA PAPUA, AYO SEMANGAT BERKARYA DAN BERINOVASI

Pemuda merupakan pewaris generasi yang seharusnya memiliki nilai-nilai luhur, bertingkah laku baik, berjiwa membangun, cinta tanah air, memiliki visi dan tujuan positif. Pemuda harus bisa mempertahankan tradisi dan kearifan lokal sebagai identitas bangsa. Pendidikan formal yang dilakukan juga harus menjadi bekal untuk bergaul dalam masyarakat. Pemuda menjadi perhatian dari berbagai kalangan di segala bidang.

Peran pemuda yang disebutkan dalam Undang- Undang Negara Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan pasal 16 tentang peran pemuda yaitu: “Pemuda berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan Nasional.” Dalam masyarakat sangat diperlukan peran pemuda sebagai penerus nilai-nilai luhur budaya bangsa, sebagai pondasi dan kekuatan moral, agen perubahan ke arah yang lebih baik.

Sesuai dengan amanat undang-undang tersebut terlihat jelas bahwa begitu besar peran pemuda terhadap kemajuan daerah, tentunya pemuda-pemuda di Papua atau yang dikenal dengan anak-anak millennial juga harus kreatif dan aktif terlibat membangun Papua lebih maju. Apalagi ketika PON XX 2021 di Papua, pemuda-pemuda anak-anak millennial berhasil meraih banyak medali emas, perak dan perunggu. Tentunya ini modal yang sangat besar bagi Papua, untuk terus maju kedepannya.

Jangan sampai Pemuda di Papua patah semangat, jangan sampai menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme. Yang lebih bahayanya, sangan sampai pemuda dan anak-anak millennial terlibat dalam Narkotika dan obat-obatan terlarang yang akan merugikan diri sendiri dan daerah Papua.

Ayo semangat pemuda papua, semangat kolaborasi, semangat berkarya. Kita yakin dengan beberapa fasilitas yang memadai untuk pemuda, tidak ada alasan untuk tidak berkarya dan berinovasi. (JS)

Artikel ini telah dibaca 154 kali

Baca Lainnya