Kenius Kogoya Nasional Pendidikan

Thursday, 4 November 2021 - 19:51 WIB

6 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: PEMUDA ITU HARUS PRODUKTIF

Pemuda merupakan salah satu generasi yang masuk ke dalam kategori masyarakat usia produktif, atau yang dikenal dengan generasi millennial. Tentunya  harus bisa menjadikan momentum tersebut sebagai kesempatan untuk bersaing dan berkompetisi secara produktif sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia dan Papua khususnya.

“Majunya sebuah daerah salah satunya ada pada generasi millennial. Karena generasi millennial sekarang dituntut harus selalu produktif, Papua akan maju dengan progresif,” (KENIUS KOGOYA)

Usia muda merupakan masa keemasan dalam membangun karier dan kesuksesan, dimana kekuatan masih ada, fisik masih kuat, pemikiran masih jernih. Dan setiap anak muda tentunya ingin bisa sukses dan hidup berkecukupan sampai hari tua nanti. Oleh karena itu masa muda harus diisi dengan berbagai hal yang mendukung itu semua. Termasuk menjadi produktif, karena usia muda adalah masa yang tepat untuk bisa mengupayakan seluruh potensi diri, jika sudah tua, kekuatan mulai melemah dan pemikiran sudah tidak sekuat saat muda maka penyesalan lah yang akan datang menghampiri.

Salah satu cara produktif yang sangat sulit dilakukan adalah disiplin terhadap jadwal yang telah dijadikan list dalam berkarya. Karena dengan membuat jadwal dalam melakukan aktivitas kita akan tahu seberapa konsisten dalam menepatinya. Saat telah terbiasa dalam membuat jadwal tersebut kita akan memiliki manajemen waktu yang baik. Sehingga setiap pekerjaan akan mendapatkan estimasi waktunya masing-masing. Dengan begitu kita akan tetap produktif dan mampu menyelesaikan tepat waktu.

Jika hal itu dilakukan dengan konsisten, maka anak-anak muda akan memiliki banyak karya yang tercipta dimasa-masa muda, juga dalam perjalanan kita akan menemukan kekurangan dengan hasil kerja kita, yang nantinya bisa kita perbaiki untuk lebih maju kedepannya.

Selain itu juga penting bagi pemuda memenuhi kebutuhan spiritual agar selalu bersyukur dengan apa yang telah dilakukan karena Percayalah setelah berusaha maksimal dalam bekerja dan berkegiatan, Tuhan menjadi tempat kita kembali. Artinya, seluruh upaya yang telah dilakukan maksimal kembalikan lagi kepada YME agar semuanya membawa kebaikan bagi diri kita dan orang lain, dan tentunya nilai-nilai produktifitas yang kita kerjakan menjadikan manfaat baik untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat bahkan negara. (JS)

 

Artikel ini telah dibaca 578 kali

Baca Lainnya