Budaya Ekonomi Nasional Pemerintahan Pendidikan

Monday, 1 November 2021 - 11:38 WIB

7 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: PEMERINTAH DAERAH SEBAGAI PERENCANA PEMBANGUNAN DAERAH

Pemerintah daerah dalam merencanakan pembangunan daerah mempunyai wewenang dan kemampuan untuk mengelola, melaksanakan program-program pembangunan daerah. karena pemerintah daerah memegang peranan untuk menentukan keberhasilan proses pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah, tentunya hal ini menjadi PR besar bagi pemerintahan  dalam kemajuan suatu daerah tersebut.

Peranan pemerintah dalam pembangunan masyarakat sangatlah luas, diawali dengan hal-hal kecil seperti pelayanan operasional bahkan sampai pada hal yang bersifat besar sekalipun seperti ideologi dan spiritual. Pemerintah daerah mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai penyambung lidah pemerintahan pusat, karena tuntutan dari tugas pokok dan fungsinya sendiri bisa menyelesaikan persoalan-persoalan dilingkungan masyarakat maupun pemerintah. Ada beberapa Peranan Pemerintah daerah secara sederhana seperti:

  1. Peranan pemerintah daerah sebagai entrepreneur yang harus menciptakan dan mengelola perekonomian daerah melalui perusahaan milik daerah serta berkolaborasi dengan masyarakat yang berpotensi dan memiliki etos kerja yang tinggi, pemerintah daerah juga memberi kan motivasi serta semangat kepada pengusaha-pengusaha kecil untuk selalu meningkatkan kreativitas usahanya dan pemerintah perlu menarik investor untuk menginvestasi di daerah. Inilah yang dikatakan bahwa Pemerintah sebagai pengusaha.
  2. Pemerintah daerah sebagai gerda terdepan yang sangat penting untuk mengkoordinasi, menjelaskan dan menjamin informasi kepada masyarakat terkait progress/hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah. Tim pembangunan daerah untuk menetapkan kebijakan atau mengusulkan strategi- strategi bagi pembangunan di daerahnya dan juga pemerintah daerah dapat melibatkan masyarakat untuk memberikan masukan, saran dan ide-ide cemerlang pada program strategis perencanaan pembangunan baik secara kondisional maupun secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerah.
  3. Pemerintah daerah sebagai fasilitator perlu menata lingkungan yang aman dan tenteram bagi masyarakat dalam percepatan pembangunan daerah melalui perbaikan lingkungan dan perilaku di daerahnya. Sehingga dengan demikian baik masyarakat daerah maupun dari luar daerah merasa aman dan nyaman untuk berinteraksi dalam membangun daerah ke yang lebih maju.
  4. Peranan pemerintah daerah sebagai stimulator, pemerintah perlu menciptakan peraturan pemerintah serta memberikan edukasi dan motivasi melalui pelatihan, seminar, workshop kepada pengusaha kecil dan menengah. Kemudian menyediakan lokasi kreativitas seperti pameran terhadap produk-produk daerah, sehingga kemajuan suatu daerah tersebut dicapai dengan sangat baik.

Itulah beberapa poin besar tentang peranan pemerintah dalam mengembangkan kemajuan daerah, tentunya hal ini tidak bisa berjalan begitu saja tanpa ada dukungan serta semangat perubahan bagi masyarakat itu sendiri. Jika sudah satu visi dan misi antara pemerintah daerah dengan masyarakat maka kemajuan akan sangat mudah dikembangkan dan dilaksanakan. (JS)

Artikel ini telah dibaca 159 kali

Baca Lainnya