Kenius Kogoya Pariwisata

Thursday, 18 November 2021 - 09:44 WIB

6 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: PARTISIPASI MASYARAKAT MEMBANGUN BUMI CENDERAWASIH

Penyediaan infrastruktur merupakan kewajiban pemerintah sebagai wujud pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Bagi masyarakat, partisipasi dalam kegiatan pembangunan berarti kesempatan untuk meningkatkan keikutsertaan keberdayaan dan bagi pemerintah partisipasi masyarakat berarti penghematan anggaran. Pelaksanaan program pembangunan ini dapat dijadikan cerminan dari tinggi-rendahnya partisipasi masyarakat. Hal ini juga bisa diketahui bagaimana tingkat partisipasi masyarakat Papua terhadap pembangunan infrastruktur di Provinsi Papua.

Pentingnya partisipasi masyarakat terhadap pembangunan terbagi dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pemeliharaan. Dan ini perlunya mempertahankan keaktifan masyarakat dalam proses pembangunan pada tahap perencanaan dan pelaksanaan serta perlunya peningkatan kesadaran dari masyarakat untuk memelihara pembangun yang sudah dikerjakan.

Pembangunan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam suatu daerah, di dalamnya terkandung unsur pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, termasuk pemenuhan kebutuhan masyarakat yang bermukim di perdesaan untuk meningkatkan kesejahteraan. Upaya mendukung program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan dan memperkuat implementasi tata kelola pemerintahan dalam pembangunan yang berbasis langsung dari inisiatif dan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun infrastruktur daerah.

Pembangunan yang efektif membutuhkan keterlibatan (partisipasi) awal dan nyata pada pihak seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dalam penyusunan rancangan kegiatan yang akan mempengaruhi mereka. Sewaktu masyarakat yang terlibat merasa bahwa partisipasi mereka penting, mutu, efektifitas dan efisiensi pembangunan akan meningkat. Dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur daerah tersebut di atas peran serta masyarakat untuk berpartisipasi di dalamnya sudah sangat besar, hal ini ditandai dengan adanya sumbangan berupa tenaga, pendanaan, tanah pekarangan, material dan lain sebagainya.

Para ahli memberikan definisi yang bermacam-macam tentang pembangunan. Istilah pembangunan bisa saja diartikan berbeda oleh satu orang dengan orang lain, daerah yang satu dengan daerah yang lainnya, negara yang satu dengan negara yang lain. Pengertian tentang pembangunan sebagai suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana dan dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, negara dan pemerintah, menuju modernisasi dalam rangka pembinaan bangsa.

Partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan nasional, merupakan prasyarat utama yang akan melandasi keberhasilan dalam proses pembangunan Indonesia. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan tidak hanya dipandang sebagai bagian dari proses tetapi juga merupakan bagian tujuan, dimana partisipasi merupakan salah satu indikator tingkat keberhasilan khususnya program pembangunan desa. Oleh karena itu partisipasi dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai alat untuk menyelenggarakan pembangunan dan sebagai tujuan pembangunan itu sendiri.

Konsep pembangunan dengan pendekatan partisipasi masyarakat dapat memberikan beberapa keuntungan antara lain.

  1. Pembangunan akan lebih mengakar dalam masyarakat sehingga kelestarian hasil pembangunan tersebut lebih terjamin
  2. Pembangunan menjadi lebih murah karena masyarakat juga menanggung sebagian atau seluruh biaya proyek pembangunan tersebut
  3. Peranan pemerintah atau organisasi non pemerintah hanya sebatas sebagai fasilitator sedangkan inisiatif berasal dari masyarakat.

Oleh karena itu kepada masyarakat khusus Papua mari bersama-sama berpartisipasi agar mempertahankan keikutsertaan partisipasi dalam proses pembangunan dan diharapkan kepada pemerintah daerah untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat dalam proses pembangunan yang ada di Tanah Papua, dengan demikian Papua akan menuju kemajuan yang sesungguhnya.

Artikel ini telah dibaca 574 kali

Baca Lainnya