Kenius Kogoya Nasional Pendidikan

Saturday, 6 November 2021 - 23:29 WIB

7 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: OLAHRAGA BUKAN SEKEDAR HOBI, TETAPI KEBUTUHAN HIDUP

“Kesehatan adalah salah satu hal paling penting dalam kehidupan, karena ia simbol kesehatan. Maka teruslah berolahraga sehingga menjadi hobi yang akan mendatangkan prestasi.” (KENIUS KOGOYA, S.P., M.Si)

Kesehatan dan olahraga merupakan dua hal yang saling berkaitan dalam kehidupan manusia. Untuk tetap menjadi sehat, olahraga salah satu cara untuk mendapatkannya. Beberapa manfaat berolahraga pun sudah diketahui oleh banyak orang seperti meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stress, menurunkan kolesterol. Selain olahraga merupakan kebutuhan untuk badan juga bisa menghasilkan prestasi-prestasi yang bisa dibanggakan bahkan sampai ke mancanegara.

Beberapa faktor penting   yang harus diperhatikan dalam kaitannya dengan kesehatan yaitu seperti  makanan sehat, perbanyak minum air putih,   tidur cukup, serta selalu aktif berolahraga. Dengan perkembangan zaman banyak hal bisa berdampak juga terhadap kesehatan, aktivitas gerak menjadi berkurang sebaliknya berbagai penyakit menyerang individu yang masih produktif, seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol, hipertensi dan lainnya

Oleh karena itu pentingnya olahraga dalam menjalani kehidupan, seperti Meningkatkan Daya Tahan Tubuh apabila Olahraga yang dilakukan dengan teratur, kemudian juga Meningkatkan Fungsi Otak Keteraturan dalam berolahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan olahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak.

Kenneth H. Cooper seorang dokter kedokteran dan mantan Kolonel Angkatan Udara dari Oklahoma Amerika yang mempelopori manfaat senam aerobik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan Pernag mengatakan “Kita tidak berhenti berolahraga karena menjadi renta. Kita menjadi renta karena berhenti berolahraga.” Begitu pentingnya olahraga dalam kehidupan, selaras dengan itu Denis E. Waitley, adalah pembicara, penulis, dan konsultan motivasi Amerika juga sependapat dengan mengatakan “Waktu dan kesehatan adalah dua aset berharga yang tidak kita kenali dan hargai sampai mereka telah habis.”.

Oleh karena itu, mari masyarakat Papua untuk senantiasa rutin berolahraga untuk Papua sehat, jika masyarakatnya sehat makan akan banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan, ide-ide cemerlang akan terbentuk. Apalagi fasilitas olahraga di Papua sudah semakin membaik, jika dimanfaatkan dengan baik, maka olahraga bisa menjadi prestasi-prestasi yang bisa mengharumkan nama Papua dan Indoneasia pada umumnya. (JS)

 

Artikel ini telah dibaca 158 kali

Baca Lainnya