Kenius Kogoya Pemerintahan Politik

Tuesday, 2 November 2021 - 11:08 WIB

1 year yang lalu

Kenius Kogoya: Muda Adalah Kekuatan dan Harapan

Mari bersama kita renungkan, waktu dan sejarah telah mencatat, bahwa pemuda memiliki peran besar dalam setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi di negeri ini. anak muda memiliki 5 kekuatan sehingga mampu mengukir sejarah bangsa.

” Lima Kekuatan anak muda  terdiri dari, Fisik yang kuat, Mental yang kuat, Kemauan yang kuat, Cita-cita yang tinggi serta Kapasitas intelektual yang selalu ingin belajar menambah Ilmu. Kelima kekuatan anak muda ini akan menghasilkan kreativitas, produktivitas, karya-karya, serta dapat mengukir sejarah besar bangsa maupun daerah ” ( KENIUS KOGOYA )

Banyak peristiwa besar yang menunjukkan bukti dan aksi nyata pemuda. Kekuatan pemuda dalam sebuah bangsa atau daerah adalah untuk mendukung kemajuan bangsa/daerah sangat menentukan maju tidaknya suatu bangsa /daerah.

Pada tahun 2021 Badan Pusat Statistik mencatat bahwa rasio pemuda di Indonesia telah mencapai 45,86% dan akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu. Jumlah yang tidak sedikit ini tentu akan menjadi sebuah potensi besar jika dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mendukung pembangunan bangsa dalam segala aspek dan bidang. 

Kepercayaan terhadap anak muda di tengah kompleksitas masalah bermula ketika generasi tua berbondong-bondong mengejar posisi dan kekuasaan, sedang banyak generasi muda datang membela keadilan dengan segala kekuatan dan upaya demi kesejahteraan.

Satu kontribusi pemuda saja mampu membawa perubahan, terlebih apabila semakin banyak pemuda yang berkontribusi untuk membawa perubahan yang lebih besar. Kesempatan dan momentum ini sudah seharusnya jadi prioritas anak muda untuk mengerahkan segala potensinya untuk turut memajukan bangsa/daerah. 

Sikap kritis anak muda merupakan sebuah kesadaran akan kondisi kehidupan bangsa/daerah di masa depan yang sangat mungkin untuk dijadikan acuan agar lebih baik daripada keadaan saat ini. Kekuatan yang keluar dari akar idealisme seorang pemuda yang akan menjadi hasil dari upaya menatap penuh harapan akan masa mendatang. 

Rasa ketergugatan kaum generasi muda bagi kecerahan masa depan bangsa akan dalam melibatkan anak muda pasti akan merebut setiap kesempatan untuk menentukan nasib bangsa Indonesia di mana keberanian inilah yang mendorong tercapainya bangsa maupun kemajuan pembanguna daerah serta kesejahteraan masyarakatnya.

Sikap-sikap dan kekuatan tersebut sangat identik dengan usia muda. Mengutip kata-kata Ir. Soekarno. “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Menandakan bahwa pemuda adalah para insan yang mempunyai semangat juang yang tinggi dan pemikiran yang kritis serta perilaku yang progresif untuk dapat mengubah dan mengguncang dunia oleh karena semangat dan kegigihannya untuk keluar dari setiap gugatan persoalan bangsa/daerah. ( IP )

 

 

Artikel ini telah dibaca 310 kali

Baca Lainnya