Pemuda Pendidikan

Thursday, 18 November 2021 - 16:13 WIB

6 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: MILLENNIAL HARUS BERPENDIDIKAN

Pendidikan merupakan suatu hal yang universal dalam kehidupan manusia, sehingga pendidikan dapat dijadikan tolak ukur dalam melihat kualitas manusia itu sendiri. Terlebih lagi di era-millennial sekarang ini, perubahan sosial yang begitu cepat juga menjadi tantangan besar bagi kehidupan masyarakat di semua lapisan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pemberdayaan dalam masyarakat agar dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik, sehingga masyarakat mampu memaksimalkan kemampuan untuk berswadaya. Hal tersebut merupakan tugas dan fungsi dari lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan formal maupun nonformal dalam menyiapkan masyarakat sumber daya manusia dalam melewati tantangan Zaman sekarang ini.

Pendidikan juga merupakan sarana untuk mencapai proses keilmuan yang memadai, namun masih banyak kalangan yang belum memanfaatkan sarana tersebut untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas dirinya. Pendidikan sejatinya merupakan sarana mencapai cita-cita. Pendidikan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa memberikan gambaran bahwa pendidikan menjadi wadah dimana kebijaksanaan dan pengetahuan diolah sebagai modal pengetahuan.

Pendidikan dan pelatihan kerja merupakan sarana penting dalam pengembangan sumber daya tenaga kerja. Pengembangan tenaga kerja diharapkan nantinya menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Orientasi program pendidikan dan pelatihan kerja tersebut sangat diperlukan mengingat sebagian besar angkatan kerja di Indonesia masih bekerja pada sektor informal dengan produktivitas yang sangat rendah.

Adapun upaya pengembangan sumber tenaga kerja merupakan tanggung jawab bersama dari semua sektor terkait mencakup instansi pemerintah, swasta, industri serta organisasi profesi lainnya. Oleh karena itu, pemerintah sebagai salah satu komponen yang bertanggungjawab mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, menempuh berbagai cara dan menetapkan berbagai kebijakan di bidang ketenagakerjaan.

Sudah sepatutnya peran semua pihak memberikan proses pendidikan yang tepat guna, tidak hanya berada pada lingkungan sekolah melainkan pada lingkungan keluarga dan masyarakat. Sementara itu jika merunut pada perkembangan pendidikan era millennial adalah generasi yang memiliki kemampuan untuk selalu menjadi kreatif, aktif dan inovatif. Bahwasanya generasi millennial adalah generasi Zaman Now yang mampu memainkan peran dan diharapkan untuk menjadi agen perubahan (Agent of Change). Mengingat ide-idenya yang selalu segar, pemikirannya yang kreatif dan inovatif yang  diyakini akan mampu mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik lagi, melalui perubahan dan pengembangan.

Untuk menjadi generasi yang memiliki kapasitas tersebut dibutuhkan beberapa hal yang dapat membantu peningkatan kemampuan diri, diantaranya 1) memperbanyak membaca buku, 2) belajar menggunakan internet dan sosial media secara bijak, 3) bersikap terbuka terhadap berbagai pengalaman baru. Hubungan antara ketiga kapasitas peningkatan kemampuan diri tersebut dapat dikaitkan dengan kemampuan digital literacy, bahwa literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi dan informasi dari perangkat digital secara efektif dan efisien dalam berbagai ranah diantaranya; ranah akademik, karir dan kehidupan sehari-hari.

  

kemampuan personal didalam ranah menggunakan teknologi dan informasi sudah menjadi kebutuhan mutlak dewasa ini, sehingga tidak dapat dipisahkan dan menjadi kemampuan wajib individu baik itu seorang pelajar maupun pekerja. Seorang pelajar wajib memiliki kemampuan digital literacy guna mendukung proses belajar yang efektif, efisien dan mandiri. Sebagai tambahan bahwasanya kemampuan digital literacy dapat lebih efektif dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan.

Artikel ini telah dibaca 526 kali

Baca Lainnya