Kenius Kogoya Nasional Pemerintahan Politik

Friday, 5 November 2021 - 23:02 WIB

7 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: MILLENNIAL DAN POLITIK

“Millennial harus peka terhadap dunia Politik, sehingga program-program serta kebijakan pemerintah dapat dikolaborasikan dengan ide-ide cemerlang serta dengan semangat berkarya”. (KENIUS KOGOYA, S.P., M.Si)

 

Munculnya partai-partai politik yang mengkader anak-anak muda atau yang dikenal dengan sebutan kamu Millennial tentu membawa angin segar terhadap masa depan perpolitikan di Indonesia, karena semangat berkarya serta peduli terhadap negara menjadi nilai plus tersendiri.

Jika kembali kemasa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia bahwa  proses proklamasi kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran pemuda yang kala itu terlibat dalam organisasi-organisasi kepemudaan. Seperti adanya sumpah pemuda, juga tidak lepas dari peran pemuda tanah air.

Apalagi di era digital saat ini, banyak tantangan yang mesti dihadapi oleh seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Tantangan yang semakin besar tentu saja membutuhkan gerakan dan gagasan-gagasan kekinian yang lebih dinamis dari kaum millnnial.

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara demokrasi yang memberikan hak kebebasan berpendapat bagi setiap warganya. Dengan berbagai latar belakang masyarakatnya, tentu akan melahirkan pendapat yang berbeda pula. Jika para millennial memiliki pemahaman politik yang baik, maka semua kita akan menghargai pendapat orang lain yang mungkin berbeda dengan pendapat kita.

Selain itu,  kesempatan besar untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan masa depan Indonesia seperti pada pemilihan pemimpin dari daerah hingga pusat semakin terarah karena kaum millennial memiliki pengetahuan berpolitik yang baik, terutama terkait dengan kebijakan suatu negara, tentu sebagai anak muda mampu melihat calon pemimpin yang dapat merealisasikan program kerjanya dan mana yang hanya sekadar lontaran kata-kata yang sulit untuk diwujudkan.

Oleh karena itu, pentingnya kaum millennial paham akan dunia politik serta bisa berperan aktif melibatkan diri dari setiap perkembangan dan perubahan zaman. Jika sudah demikian, kegiatan-kegiatan atau program-program dari pemerintah bisa diterima dengan keikutsertaan kaum millennial. (JS)

 

Artikel ini telah dibaca 157 kali

Baca Lainnya