Kenius Kogoya Nasional Pemerintahan Pendidikan Politik

Thursday, 4 November 2021 - 16:41 WIB

6 months yang lalu

KENIUS KOGOYA: MEMBANGUN KARAKTER PEMIMPIN IDEAL

Kepemimpinan adalah sebuah kebutuhan dan tuntutan yang tidak bisa dilepaskan dari berbagai kehidupan masyarakat mulai dari tingkatan lokal, regional, nasional bahkan sampai ke berbagai belahan dunia internasional. Seandainya tiga orang saja yang sedang melakukan perjalanan jauh, maka perlu diangkat salah satunya menjadi seorang pemimpin.

Hal ini menandakan bahwa pemimpin dan kepemimpinan amat sangat dibutuhkan pada setiap waktu berkumpulnya manusia di mana saja berada, apalagi kepemimpinan dalam sebuah organisasi, masyarakat, daerah dan kenegaraan, tak pelak lagi bahwa masyarakat manusia harus menentukan seorang pemimpin untuk mengendalikan roda organisasi, roda pemerintahan serta melakukan hubungan internal, eksternal dan internasional dengan komunitas masyarakat manusia dalam hal kebutuhan bersama guna mencapai tujuan yang dikehendaki, baik menyangkut masalah ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, pendidikan, perdagangan dan lain sebagainya.

Betapa pentingnya sosok pemimpin ditengah-tengah masyarakat, karena pemimpin adalah ujung tombak yang akan membawa sebuah masyarakat kemanapun kapal akan berlayar, nahkoda yang handal tentu akan membawa kapal terus berlayar hingga menuju tujuan, sedangkan nahkoda yang buruk akan membawa kapan menjadi karam bahkan tenggelam sebelum sampai ke tujuan.

Banyak pembahasan tentang masalah kepemimpinan dari para ahli. Pendapat Robert Kreitner dan Engelo Kinicki  yang dikutip dalam buku karyanya ‘Organizational Behaviour’ yang cukup panjang lebar menjelaskan tentang definisi kepemimpinan, peran dan fungsi kepemimpinan, hubungan kepemimpinan dengan organisasi pemerintahan dan kenegaraan serta proses interaktif kepemimpinan dan pengaruh perubahan sosial, inspiratif dan motivatif jiwa kepemimpinan, dan lain sebagainya.

Yang sangat dibutuhkan adalah sosok pemimpin yang berkarakter dan memiliki kemampuan mental dan intelektual serta keberanian dalam melakukan perubahan sosial yang mendasar dan monumental sehingga menjadi kenangan dan kebanggaan yang selalu didambakan rakyat. Seperti Soeharto (mantan Presiden RI) terlepas plus minusnya Soeharto, beliau juga telah melakukan perubahan yang monumental di bidang pembangunan ekonomi, sehingga pada era Orde Baru, Indonesia dikenal sebagai “The Tiger of Economic in Asia” yakni Macan Ekonomi yang disegani Asia.

Tentunya ini menjadi harapan bagi Indonesia khususnya masyarakat Papua yang membutuhkan dan mendambakan seorang pemimpin yang tangguh, berani, cerdas dan visioner serta memiliki iman dan takwa yang kokoh dalam membangun sebuah daerah yang kuat dan berdaulat. Jika sudah demikian Papua akan menjadi daerah yang lebih maju serta memiliki masyarakat yang cerdas serta bisa bekerjasama, sama-sama membangun tanah papua. (JS)

 

Artikel ini telah dibaca 572 kali

Baca Lainnya