Kenius Kogoya Pemimpin Masa Depan Papua Politik

Friday, 27 May 2022 - 18:25 WIB

3 months yang lalu

Kenius Kogoya, Hidup Memang Tidak Mudah

Banyak orang yang mempersepsikan “Hidup itu Indah”. Namun tak sedikit pula yang bilang “Hidup itu Tidak Mudah”. Kebanyakan orang yang bilang hidup itu indah biasanya orang itu bisa menikmati atau mejalani hidup seperti air yang mengalir dan hidupnya berjalan dengan apa yang mereka inginkan, dan orang yang mempersepsikan hidup itu tidak mudah biasanya mereka menjalani hidup dengan banyaknya masalah yang dihadapi oleh mereka dan tak banyak orang yang menyelesaikan masalah itu dengan mudah, mereka terperangkap oleh masalah-masalah itu sendiri dan juga menganggap masalah itu beban yang sangat berat. Orang ini biyasanya hidupnya tidak berjalan mulus dengan apa yang diinginkanya, menemui banyak kegagalan dalam hidupnya dan butuh perjuangan penuh untuk hidup. Memang keduanya tidak salah dan tergantung oleh orang yang mempersepsikan hidup itu. Hal itu bisa dipengaruhi oleh pengalaman pribadi pada diri individu tersebut.

Hidup ini jarang sekali seperti yang kamu inginkan, tapi kamu selalu punya kesempatan untuk membuatnya berarti. Kamu hanya harus melakukan apa yang kamu bisa, dengan apa yang kamu miliki, tepat di mana kamu berada kini.

Hidup ini memang tak mudah, tapi apa yang kau lakukan saat ini, akan sangat berguna pada akhirnya nanti. So, berikan yang terbaik yang kamu bisa, jangan pikirkan apa yang orang lain pikirkan, mereka yang meremehkanmu seharusnya menjadi semangatmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Buktikan pada mereka bahwa selama dirimu yakin, tak ada yang tak mungkin!

Ingatlah bahwa memang tak ada kehidupan yang sempurna, tapi ada momen-momen yang indah. Dan, momen-momen ini yang harus kamu hargai, karena segala yang kamu miliki kini adalah hasil dari perjuanganmu selama ini, dan semua itulah yang membuat seluruh perjalanan hidupmu begitu berarti.

Coba ingat sejenak..

Saat anda dilahirkan di dunia ini; saat pertama kali anda melihat indahnya sinar mentari; saat anda pertama kali menghirup segarnya udara pagi; ketika anda melihat hijaunya sawah, indahnya pegunungan, dan segala alam ciptaan Yang Maha Kuasa ini; saat anda berkumpul bersama orang-orang yang anda cintai, tertawa bersama, bercengkrama, dan menghabiskan banyak waktu bersama, sungguh betapa indah hidup ini.

Namun saat umur bertambah, kemudian orang-orang merasa sulit untuk merasakan kembali keindahan itu. Yang selalu terpikir betapa hidup itu keras dan susah. Susah cari makan, susah memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan berbagai kesusahan lainnya. Bahkan mungkin ada yang sampai menyalahkan Tuhan karena keadaan yang sedang terjadi. Oh, jangan sampai itu terjadi…

Kehidupan yang seperti itu yang kemudian membuat kita diliputi ketakutan dan dilingkupi hal-hal yang negatif. Kepercayaan bahwa hidup itu susah tanpa sadar lalu melekat dalam keyakinan diri, dan membuat hidup betul-betul susah.

Tetapi janganlah anggap kalau hidup itu selalu susah selamanya. Roda pasti berputar, akan ada hasil dari perjuangan hidup yang telah kita kerjakan. Hidup itu sebenarnya indah, sobat. Betul, ada ACTION yang harus dilakukan untuk mencapai sesuatu. Dan ACTION itu indah, sobat. Dalam setiap ACTION yang kita lakukan peluang keajaiban itu akan muncul. Yang membuat kita dianugerahi kehidupan yang lebih baik dan lebih baik.

Bayangkan jika keyakinan “hidup itu susah” yang selalu kita tanamkan pada diri dan sebarkan pada orang-orang sekitar. Pasti tidak ada gairah dalam hidup kita. Tidak ada terobosan dalam ACTION kita.

| Kata orang bijak: apa yang anda percayai, itulah yang akan terjadi.

Hidup ini indah. Hidup ini terlalu singkat untuk dibuat susah. Percayalah, apa yang anda percayai bisa dicapai, bisa anda dapatkan. Jangan pernah mudah menyerah. Tidak pernah ada kata gagal dalam kamus hidup anda. Kalaupun belum mencapai seperti yang diinginkan, itu berarti hanya belum berhasil.

Jangan pernah ragu untuk ACTION! Sebab dari sana peluang keberhasilan bermula. Mulai ACTION sekarang untuk mencapai apapun yang anda inginkan. Berjalan selangkah demi selangkah mendekati impian anda. Jangan malas, mari kerja keras!

Hidup ini terlalu indah untuk diisi oleh ratapan, umpatan, penyesalan, rasa marah, dendam. Semua itu hanya menggerogoti keindahan hidup. Tertawa dan tersenyumlah, walau dalam suasana sedih sekalipun. Syukuri apa yang telah anda miliki. Belajarlah dari kehidupan yang sudah dijalani.

 

Artikel ini telah dibaca 124 kali

Baca Lainnya