Politik

Friday, 8 July 2022 - 09:15 WIB

1 month yang lalu

Hanura Papua, Partainya Kaum Muda Papua

ISTILAH “milenial” dan “anak muda” menjadi kata-kata terpopuler pada 2019. Bagaimana tidak, persentase anak muda yang mendominasi pemilih Pemilu 2019 membuat kelompok umur ini menjadi komoditas politik yang paling menjadi target klaim para politisi pada tahun lalu. Sayangnya, setelah kompetisi politik usai, anak muda tak lagi banyak dikaitkan dengan perpolitikan nasional. Padahal, para insan politik seharusnya menyadari bahwa angkatan muda Indonesia yang jumlahnya mendominasi ini memiliki potensi yang besar untuk perpolitikan Indonesia.

Jikalau harus menunjuk salah satu pihak dalam konstelasi politik nasional yang seharusnya dapat mengelola potensi generasi muda, partai politiklah jawabannya. Potensi anak muda Generasi muda Indonesia hari ini memiliki potensi yang luar biasa. Mereka adalah angkatan muda Indonesia yang paling terdidik dan paling banyak mengenyam pendidikan tinggi dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, antusiasme politik anak muda yang terlihat dari partisipasi Pemilu 2024 nantinya dan berbagai sikap kolektif menyikapi kebijakan politik pasca-pemilu presiden (pilpres) juga patut diacungi jempol. Mereka berhasil mendobrak mitos tentang generasi muda yang dianggap paling apatis terhadap politik. Antusiasme milenial justru paling menggelitik. Apabila dikelola dengan baik, potensi yang luar biasa ini bisa menjadi jawaban bagi partai politik untuk menghadapi tantangan politik yang kian dinamis, serta kebutuhan elektoral yang rasional. Namun, tampaknya belum banyak parpol yang bisa melihat momentum ini.

( Kenius Kogoya/Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua )

Artikel ini telah dibaca 154 kali

Baca Lainnya