Politik

Friday, 8 July 2022 - 09:24 WIB

1 month yang lalu

Hanura Papua, Partai Modern. Partainya Kaum Muda Papua

Dengan semangat baru, energi yang jauh lebih kuat, serta spirit yang berkobar-kobar, partai akan mendapat darah baru untuk menjalankan fungsi-fungsinya. Partai akan semakin energik dalam menopang demokrasi, mengagregasi dan mengalirkan aspirasi publik ke forum pengambil kebijakan, menularkan pendidikan politik kebangsaan kepada publik dan kader-kader, dan terus-menerus ikut menyegarkan politik Indonesia dari waktu ke waktu.

Anak muda di dalam partai akan menjadi warning bagi generasi-generasi di atasnya untuk terus beradaptasi dengan zaman, untuk terus mengingat bahwa regenerasi adalah keniscayaan, untuk terus menyimpan pandangan bahwa kekuasaan yang berlebihan tidak baik untuk demokrasi, dan lain-lain.


Masalahnya, jika anak muda lebih mengedepankan ego skeptisismenya terhadap partai politik di satu sisi, tapi sangat berpreferensi terhadap demokrasi di sisi lain, maka proses politik akan pindah ke arena yang lain, katakan saja arena sosial media dan sejenisnya. Anak muda akan terjauhkan dari proses institusionalisasi politik demokratis. Bakat-bakat politik akan bertebaran secara cuma-cuma di tempat yang tak semestinya. Nah, ikut berjuang di partai politik adalah ikut beraksi, ikut ambil bagian, dan ikut menentukan sikap aksi di dalam gelora perubahan, dengan cara-cara yang sesuai, termasuk menggunakan sosial media.

( Kenius Kogoya/Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua ) 

 

Artikel ini telah dibaca 156 kali

Baca Lainnya