Dr. Nahor Nekwek Kabupaten Yalimo

Friday, 28 October 2022 - 11:22 WIB

3 months yang lalu

Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M : SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA ke 94

Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 tidak hanya menjadi ikrar dalam merajut cita-cita kemerdekaan Indonesia tetapi dapat menanamkan sikap kebangsaan dan Nasionalisme generasi milenial di tanah Papua Pegunungan dan di tanah Kabupaten Yalimo.

Pelaksanaan Konggres II pemuda Indonesia 1928 menjadi pemikiran yang panjang bagi kaum muda Indonesia yang sangat menyadari pentingnya keterikatan sesama warga bangsa untuk mengenyahkan imperialisme dan kolonialisme dari tanah persada Indonesia.

Kesadaran membangun kekuatan bangsa dengan memperat semangat persatuan dan kesatuan merupakan tuntutan mutlak yang dimiliki pemuda Papua Pegunungan dan kabupaten Yalimo agar tanah Papua Pegunungan dan kabupaten Yalimo yang telah diberkati ini dapat menapak ke arah kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Pemuda Papua Pegunungan dan Pemuda Kabupaten Yalimo bagian dari pewaris masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dapat menjaga semangat perjuangan pencetus Sumpah Pemuda dalam rangka menguatkan nilai-nilai Nasionalisme dan Kebangsaan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

Cara pemuda Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Indonesia dan momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 ikut mendukung kebijakan pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan seperti pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pembangunan insfrastruktur dasar.

Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M mengatakan bahwa musuh nyata pemuda Indonesia, Papua Pegunungan  dan Yalimo saat ini adalah kemiskinan, keterbatasan kesempatan lapangan kerja, kebodohan dan keterisolasian daerah. Di alam kemerdekaan dan Era Reformasi  saat ini, pemerintah pusat berkewajiban untuk dapat mengatasi berbagai kesenjangan sosial dan pembangunan daerah yang masih tertinggal, khususnya di Provinsi Papua Pegunungan dan Kabupaten Yalimo.


Pemuda Papua Pegunungan dan Pemuda Kabupaten Yalimo memaknai Hari Sumpah Pemuda ini ialah dengan  berjuang di alam kemerdekaan Indonesia saat ini, harus belajar menuntut ilmu serta menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Empat pilar kebangsaan Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal Ika dan NKRI menjadi pondasi tanggung yang harus dimiliki Pemuda Indonesia, Pemuda Papua Pegunungan, Pemuda Kabuapten Yalimo dalam menjaga mempererat semangat Nasionalisme dan Persatuan pemuda.


Wilayah Papua Pengunungan dan Kabupaten Yalimo membutuhkan generasi milenial pemuda yang tangguh, mandiri serta memiliki ketrampilan khusus sehingga dapat mengolah potensi sumber daya alam Papua Pegunungan menjadi berguna untuk kesejahteraan masyarakat Papua Pegunungan umumnya dan Kabupaten Yalimo Khususnya. ( AI )

Artikel ini telah dibaca 741 kali

Baca Lainnya