Dr. Nahor Nekwek Pemerintahan

Friday, 16 December 2022 - 22:57 WIB

2 months yang lalu

Dr.Nahor Nekwek, S.Pd., M.M : Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKD 2023 Provinsi Papua Pegunungan

EBPNews.com. Bupati Kabupaten Yalimo ( Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M ) pada Jumat (16/12), menghadiri acara Penyerahan DIPA yang berlangsung di Kantor Gubernur Papua Pegunungan dihadiri sejumlah Bupati, baik dari Jayawijaya, Penjabat Bupati Nduga, Bupati Pegunungan Bintang, serta Pimpinan Kantor atau Lembaga Kementerian Perwakilan Daerah.

“Penyerahan DIPA  dan Daftar Alokasi TKD Tahun Anggaran 2023 ini sangat diperlukan untuk mengeksekusi pelaksanaan belanja dan proyek daerah dalam rangka pembangunan didaerah dan yang terpenting  pengelolaan dana harus dilakukan dengan hati-hati, transparan dan akuntabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ( Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M )

Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M menjelaskan, Penyerahan DIPA Satker K/L serta Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKD) tahun anggaran 2023 lingkup Provinsi Papua Pegunungan. Penyerahan DIPA Petikan serta Daftar Alokasi TKDD merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN tahun 2023 yang telah disepakati oleh DPR bersama Pemerintah.

 

” DIPA Petikan serta Daftar Alokasi TKDD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan para Pimpinan Satuan Kerja dan Kepala Daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat “

                               ( Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M )

” Alokasi TKDD untuk Provinsi Papua Pegunungan menunjukkan komitmen desentralisasi dan keberpihakan Pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Sebagaimana visi pembangunan yang tertuang dalam Nawa Cita yaitu sinergi Pemerintah Daerah dalam kerangka negara kesatuan. Alokasi TKDD diarahkan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam perbaikan layanan kepada masyarakat dan memajukan perekonomian di daerah, dan harus direaliasasikan dengan tepat guna dan tepat sasaran ”

                                    ( Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M )

Dalam acara itu Pj.Gubernur  Provinsi Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo  menyerahkan Daftar Isian Pelaksanan Anggaran (DIPA) 2023 untuk delapan kabupaten dan sejumlah kementerian atau lembaga sebesar Rp14,54 triliun. Gubernur Nikolaus Kondomo mengatakan dana itu terbagi menjadi alokasi belanja kementerian negara atau lembaga sebesar Rp1,3 triliun dan alokasi Transfer ke Daerah (TKD) sebesar Rp 13,24 triliun.

“Alokasi belanja kementerian negara/lembaga di provinsi ini sebesar Rp1,3 triliun itu diarahkan untuk ekonomi, kesejahteraan rakyat,SDM, proyek strategis Nasional, menurunkan kemiskinan ekstrim, serta mendukung persiapan Pemilu 2024,”

                                               ( Nikolaus Kondomo, S.H., M.H )

Nikolaus menjelaskan, alokasi TKD Papua Pegunungan sebesar Rp13,24 triliun menunjukan keberpihakan pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran, misalnya Papua.

“Alokasi TKN ini diarahkan untuk meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam perbaikan layanan kepada masyarakat dan menunjukkan perekonomian daerah,” 

                                          ( Nikolaus Kondomo, S.H., M.H )

Ia mengimbau bupati, wakil dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) segera memulai perencanaaan kegiatan untuk Tahun 2023 sehingga tidak tumpang tindih dan menumpuk pada akhir tahun anggaran. “Oleh karena itu perlu disiapkan langkah-langkah nyata agar anggaran dan kegiatan dapat dilaksanakan sejak awal tahun depan,” ujarnya. Imbauan yang sama juga dilakukan kepada Kementerian dan Lembaga agar segera melakukan proses lelang dan kegiatan Tahun 2023 setelah menerima DIPA.

“Selanjutnya segera dilakukan penandatanganan kontrak perjanjian kerja sehingga kegiatan dapat langsung dilakukan pada awal tahun 2023,”

                                ( Nikolaus Kondomo, S.H., M.H )

 

Artikel ini telah dibaca 854 kali

Baca Lainnya