Dr. Nahor Nekwek Kabupaten Yalimo

Saturday, 8 October 2022 - 18:15 WIB

4 months yang lalu

Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M Pada Acara Peluncuran Alkitab Bahasa Una di Distrik Langda, Yahukimo

Masyarakat Suku Una Ukam yang mendiami beberapa Distrik di Kabupaten Yahukimo akan semakin dekat berbicara dan mengenal Tuhan Yesus, menyusul telah diterbitkannya Alkitab yang diterjemahkan dengan bahasa Una. Moment bersejarah peluncuran Alkitab Bahasa Una ini dihadiri langsung Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, Bupati Yalimo Nahor Nekwek serta perwakilan Kepala Daerah dari Kabupaten Pegunungan Bintang di Distrik Langda, Rabu (24/8/2022).

“Ini hari yang besar, hari yang dipilih oleh Tuhan untuk masyarakat Yahukimo khususnya Suku Una Ukam,” kata Bupati Didimus.

Bupati mengibaratkan sebuah kebun besar yang dibuka untuk orang mencari makan. Kebun yang dimaksudkan itu, kata Bupati adalah firman Tuhan, agar orang dapat membaca firman atau Alkitab dengan bahasa sendiri sehingga dapat lebih dipahami dan dimengerti isi, pesan dan perintah Yesus.

Pada kesempatan itu, Bupati Didimus Yahuli menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim penerjemah yang terdiri dari Pendeta Lokal, misionaris serta dibantu juga oleh Yayasan Alkitab Indonesia dan SIL. Tim ini bekerja keras menerjemahkan isi Alkitab dari Kejadian hingga Wahyu untuk masyarakat Suku Una Ukam.

“Saya sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim penerjemah. Apalagi menerjemahkan Alkitab tidak segampang menerjemahkan buku biasa,” kata Bupati.

Lanjut Bupati Didimus, Bahasa dalam Alkitab adalah bahasa baku dan tinggi serta harus dituntun dengan kuasa roh kudus. Sebab orang yang diurapi dan dipilih akan bersungguh-sungguh memberikan waktu, harta dan pengetahuannya untuk menterjemahkan Alkitab ini dengan baik sehingga dapat dimengerti oleh masyarakat.

“Sebaliknya, jika isi Alkitab ini salah diterjemahkan, maka turun-temurun akan terjadi banyak kesalahn dan penafsiran sehingga perintah Alkitab juga akan salah,” kata Bupati.

Iapun mengakui bahwasanya Tim penerjemah telah sukses meningkatkan taraf hidup, mencerdaskan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara untuk masyarakat Yahukimo khususnya Suku Una Ukam yang mendiami Distrik Langda, Bomela dan Distrik Sumtamon.

Sebagai bentuk penghargaaan atas moment bersejarah tersebut, lanjut Bupati, Pemerintah berjanji akan membantu pengiriman Alkitab bahasa Una mulai dari Jakarta hingga distribusi ke beberapa kecamatan.

Menutup kunjungannya di Distrik Langda, Bupati Didimus bersama Bupati Yalimo diberikan kehormatan untuk meletakkan batu pertama pembangunan tugu Injil Masuk Papua di Distrik Langda.

Peluncuran Alkitab berbahasa Una didahului dengan Ibadah Syukur, kegiatan ini diselenggarakan oleh Gereja Jemaat Revormasi Papua (GJRP) Sinode Una Ukam, klasis Langda. Kegiatan tersebut mengambil tema : “Er Imtamyi uram ara mo ato kurur aryi koub doba telepto kuboka anardeiriru” dalam terjemahannya Firman Tuhan Akan Berhasil Sesuai Kehendak Allah. **

Artikel ini telah dibaca 864 kali

Baca Lainnya