Dr. Nahor Nekwek Politik

Wednesday, 21 December 2022 - 20:42 WIB

1 month yang lalu

Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M, Meninjau Hasil Pembangunan dan Berdiskusi Langsung Dengan Warga Masyarakat.

EBPN.com. Bupati Kabupaten Yalimo ( Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M ) sering mengadakan blusukan / turun ke lapangan untuk untuk melihat kondisi faktual persoalan masyarakat secara real dan juga untuk melihat apakah setiap proyek pembangunan daerah berjalan sesusai dengan seperti apa yang telah ditetapkan dan direncanakan.

Istilah bluskan ini jadi sangat populer ketika Presiden Jokowi sering melakukan peninjauan-peninjauan lapangan yang kemudian dikenal dengan istilah blusukan.

Menurut Bupati Yalimo, apa yang dilakukan oleh Presdien Jokowi itu sangat tepat sekali dan sangat berguna sekali dan Bupati meminta  para pejabat daerah di Pemkab Yalimo tidak boleh hanya bekerja dibelakang meja saja. atau mengandalkan laporan dari para staffnya. Dalam manajemen pemerintahan. terkadang perlu kita zoom out dari jauh, tapi juga perlu zoom in, melihat dari dekat.

Kadang penting kita mendengar laporan dari staf terkait, tetapi juga kunjungan kerja ke lapangan sangat penting untuk melihat fakta di lapangan. Bupati Nahor Nekwek menambahkan, terkadang banyak kebijakan yang tidak berjalan dengan baik karena permasalahan detail di lapangan yang belum terselesaikan.

Bupati Yalimo sudah mencontohkan blusukan ke pasar Mama Yalimo, ke Sekolah dasar Yakpesmi Abenaho maupun melihat langsung pembangunan Gereja Abenaho. Bupati Yalimo, sangat dekat dengan masyarakatnya, sebagai seorang Bapak maupun sebagai pemimpin daerah dalam setiap kunjungan Bupati Yalimo dengan hangat mendengar setiap keluhan warganya.

Ketika Bupati Yalimo berkunjung ke SD Kesui Abenaho, Bupati mendapatkan fakta bahwa 200 siswa hanya diajar oleh 1 orang guru tamatan SMP dan kejar Paket C. Ketika Buapti Yalimo meninjau Pasar Mama Mama Yalimo, Buapti Yalimo membeli dagangan semua pedangang di pasar Mama-Mama itu, lalu mendengarkan apa keluhan Mama-Mama tentang fasilitas pasar yang harus dibenahi. Termasuk soal pembangunan kamar mandi dan tempat buang air besar di pasar itu juga harus didengar masukannya oleh Bupati Yalimo.

Dr, Nahor Nekwek, S.Pd., M.M adalah Pemimpin Kabupaten Yalimo yang ramah, rendah hati dan mau mendengar setiap keluhan warganya. Itulah sebabnya masyarakat kabupaten Yalimo sangat mencintai Bupati Nahor Nekwek, dan menganggap Bupati Nahor Nekwek adalah sebagai Pemimpin Besar mereka.

Begitu juga dengan seluruh Kepala Suku yang ada di Kabuapten Yalimo, hubungan yang baik dan Harmonis telah tercipta dengan baik, sehingga hal ini akan membuat berbagai aktivitas pembangunan di kabupaten Yalimo berjalan dengan lancar.

Tidak jarang kehadiran Bupati Yalimo di lapangan disambut dengan ramah dan gembira oleh masyarakat bahkan ada yang turut menyambut dengan tarian adat setempat. Bahkan di Distrik Distrik Welarek, desa Salema ingin buka lapangan terbang dan pemekaran distrik mengundang Bupati Kabupaten Yalimo untuk turun mengunjunginya daerahnya. Karena keadaan medan yang sulit, untuk mencapai desa Salema. Distrik Welarek, Bupati Yalimo harus menggunakan Helikopter. Jika menurut pertimbangan apa yang diminta oleh masyarakat Desa Salema itu penting, Bupati Yalimo tidak segan-segan akan turun secara langsung.

Bupati Nahor Nekwek, sangat menyadari kekurangan dan Potensi daerahnya, berbagai terobosan terus diupayakan Bupati khususnya dalam hal infrastruktur jalan dan jembatan, Bupati Nahor Nekwek terus berkoordinasi dengan para pejabat Kementerian PUPR. Konsep dan perencanaan pembagunan Kabupaten Yalimo telah disusun dengan secara teliti dan visioner oleh Bupati Nahor Nekwek.

 

Termasuk dalam bidang perkebunan, Kabupaten Yalimo ditergetkan akan menjadi pengahasil anggur Eropah terbesar di Indonesia Timur. Saat ini sedang diujicoba penanaman berbagai varietas anggur import, untuk melihat, jenis anggur Import mana yang sangat cocok ditanam di Yalimo nantinya. Bupati Nahor Nekwek melihat ada peluang usaha rumahan rakyat nanti jika anggur import ini ditanam secara masif di Kabupaten Yalimo. Dari Buah anggur bisa dikelola oleh masyarakat untuk jadi Selai, Syrup, bahkan Wine yang bisa dieksport nantinya.

 

Artikel ini telah dibaca 798 kali

Baca Lainnya