Dr. Nahor Nekwek Kabupaten Yalimo

Tuesday, 18 October 2022 - 11:30 WIB

4 months yang lalu

Dr. Nahor Nekwek, PASS-VALLEY, YALIMO YANG EKSOTIK, MENUNJUKAN PAPUA PEGUNUNGAN YANG SARAT AKAN PARIWISATA

Salah satu tempat yang menarik dan sangat eksotik. Mengapa saya mengatakan eksotik, bukan tidak beralasan, pertengahan bulan maret lalu saya mengunjungi tempat ini, tepatnya Di kabupaten Yalimo, Distrik Abenaho, Pass Valley. Memang agak sulit dan membutuhkan waktu yang cukup panjang bisa sampai ke tempat ini.
Dari jayapura menggunakan pesawat sekitar 45 menit untuk sampai ke wamena, dan dari Wamena dengan perjalanan darat menggunakan mobil berukuran besar (Strada, Rangeer) alasannya karena medan yang sulit dengan mobil ukuran biasa. dan membutuhkan waktu 6-7 Jam perjalanan.

Bahasa Yali Pass Valley dituturkan oleh etnik Yali di Kampung Abenaho, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan. Menurut pengakuan penduduk, di sebelah timur Kampung Abenaho dituturkan bahasa Mek (Yali), di sebelah barat dituturkan bahasa Lani (Hubula), di sebelah utara dituturkan bahasa Lani (Walak), dan di sebelah selatan dituturkan bahasa Yali.

Berdasarkan hasil penghitungan dialektometri, isolek Yali Pass Valley merupakan sebuah bahasa dengan persentase perbedaan berkisar 81%—100% jika dibandingkan dengan bahasa di sekitarnya, misalnya bahasa Yali Anggruk, Yali Kosarek, Yali Ninia, Lani, dan Mek.

SD YPK Pass-valley adalah sekolah yang tamat Bupati Yalimo Dr.Nahor Nekwek’S.pd.M.M tahun 1983.

Tetapi dengan lamanya perjalanan, di jamin anda yang ingin untuk melancong ke tempat ini tidak akan bosan, karena sepanjang perjalana di suguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah, hamparan pegunungan, lembah-lembah, perbukitan, hutan-hutan, sungai-sungai besar dan juga sungai kecil, tidak hanya itu saja, anda dapat menjumpai permukiman/perkampungan tradisional dengan kondisi lokal setempat.
 
Nah….Sekarang kita masuk pada hal yang paling penting menurut saya, dan hal ini biasanya menjadi pertimbangan para pelancong lokal, nasional, dan internasional. Mengenai situasi keamanan dan kondisi Friendship (dapat menerima kedatangan orang baru).
 
Bagi anda siapa saja yang ingin melancong ke tempat ini jangan kuatir mengenai hal keamanan dan juga friendship, masyarakat dan situasi keamanan sangat sangat aman dan juga frienship, mengapa saya mengatakan seperti ini karena saya sendiri merasakannya, karena rasa penasaran saya mengenai, situasi yang aman dan juga friendship, saya bertanya kepada beberapa orang supir yang asal (Palopo) yang sudah lama melalui jalur ini, mereka mengatakan jalur ini sangat aman dan jarang terjadi tindakan yang dapat merugikan. ( ANDY F NOYA )

Artikel ini telah dibaca 717 kali

Baca Lainnya