Dr. Nahor Nekwek Kabupaten Yalimo

Saturday, 15 October 2022 - 16:32 WIB

4 months yang lalu

Dr Nahor Nekwek, Konsep Pembangunan Daerah Untuk Kesejahteraan dan ketentraman

EBPN.com. Fokus kerja utama  sebagai Bupati Kabupaten Yalimo,adalah melakukan pemulihan terlebih dahulu di kabupaten tersebut pasca terjadi kerusuhan karena pelaksanaan pesta demokrasi. Dalam pemulihan itu, banyak hal yang akan dilakukan, pemulihan yang dilakukan memang tidak segampang yang dipikirkan, tetapi harus perlahan -lahan, masalah fasilitas juga sampai saat ini masih belum ada karena semua dibakar, saat ini pihak Pemkab Yalimo sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa dilakukan pembangunan kantor dan perumahan ASN kembali. 

Masyarakat yang pada saat itu mengungsi ke distrik -distrik, saat ini sudah mulai kembali lagi ke Elelim, pada akhir tahun anggaran ini, Pemkba Yalimo sudah mulai melihat tentang visi dan misinya yakni Bangkit dan Sejahtera dengan Kearifan Lokal, namun belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini, akan dimulai dengan APBD Perubahan.


Dalam menjalankan visi dan misi Kabupaten Yalimo, anggaran yang ada harus normalkan dulu melalui perubahan untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Yalimo, kegiatan -kegiatan yang dilakukan pemerintah nantinya mengarah ke Bangkit dan Sejahtera ke arah Kearifan Lokal. ASN yang meninggalkan Yalimo pasca kerusuhan, Pemkab Yalimo sudah melakukan koordinasi dengan kepala-kepala OPD untuk memanggil kembali ASN di lingkungan dinas masing-masing, kantor pemerintahan kampung, sekolah-sekolah harus kembali aktif seperti biasa.

Sebagian besar ASN Yalimo ada di Wamena, sehingga dalam waktu sebulan ini harus kembali ke Yalimo untuk melakukan tugas dan fungsinya masing -masing, kami sudah mulai menjalankan pemerintahan yang definitif.
Untuk pendidikan dan kesehatan usai kerusuhan memang tidak berjalan, namun kini sudah mulai normal kembali.

Paralel dengan Pemulihan Kabupaten Yalimo, Program Kerja dalam Pembangunan Daerah juga harus dilaksanakan secara baik. Tujuan pembangunan daerah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, intinya kesejahteraan, ketentraman dan keamanan. Manajemen pembangunan daerah, ditentukan oleh pemimpin di daerah tersebut. Ini ditentukan oleh siapa yang memipin dalam mengambil keputusan, tergantung leadership di daerah itu.

Program pembqngunan pemerintah daerah harus sejalan dengan program secara nasional. Pemkab harus menyesuaikan dengan program nasional. Tidak seperti orde baru yang ada repelita (rencana pembangunan lima tahun), disitu kelihatan apa yang kita kerja. Sekarang berbeda, berganti Presiden, berganti program, seperti Nawacita.

Program peningkatan kapasitas keuangan daerah dalam peningkatan pelayanan msyarakat tak kalah pentingnya. Itu dilakukan dengan meningkatkan sumber pendapatan daerah yang berkeadilan dan pengembangan transparansi.

Daerah merupakan bagian dari suatu Negara yang terbagi oleh beberapa wilayah atau kawasan. Sebuah daerah juga perlu suatu rencana pembangunan untuk kemajuan daerah tersebut. Jadi tidak hanya selalu terfokuskan pada kemajuan Negara saja, melainkan salah satu dukungan untuk kemajuan Negara adalah dari daerah-daerah yang termasuk dalam batas administrasinya. Kemajuan suatu daerah dengan adanya sebuah pembangunan dapat berpengaruh dalam banyak hal seperti aspek ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Salah satu Negara yang harus melakukan pembangunan guna kemajuan dan kenyamanan masyarakatnya untuk tinggal adalah Negara Indonesia. Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak pulau dan merupakan Negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke empat di dunia. Artinya Negara Indonesia memiliki banyak daerah di berbagai daerah dari Sabang hingga Merauke.

Oleh karena itu, sebuah pembangunan ditiap-tiap daerah harus dilakukan secara merata agar tidak terjadi kesenjangan atau pun persaingan antar daerah. Tidak hanya itu saja, tujuan sebuah pembangunan daerah adalah untuk menyediakan dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta dapat membangun berbagai variasi kesempatan kerja yang lebih banyak di daerah tersebut. Oleh karena itu, untuk meratakan pembangunan dan menghilangkan kesenjangan antar daerah, pemerintah merencanakan pemindahan ibukota Indonesia tepat ditengah wilayah Negara Indonesia.

Sebuah pembangunan yang dilakukan oleh sebuah Negara tidak hanya berpengaruh pada pelayanan sarana dan prasarana saja, melainkan berpengaruh plus dalam meningkatkan pembangunan ekonomi di tiap-tiap daerah.

Pembangunan ekonomi merupakan proses kenaikan pendapatan per kapita yang disertai dengan perbaikan sistem kelembagaan yang terkait dalam sebuah pembangunan. Perbaikan sistem kelembagaan yang terkait berpengaruh dalam proses kelancaran pelaksanaan suatu pembangunan karena sebuah pembangunan perlu adanya suatu kelembagaan yang ikut campur baik untuk mengatur pembangunan, baik itu dalam penyediaan dana maupun proses pelaksanaannya.

Jika kelembagaan yang ikut andil dalam pelaksanaan pembangunan itu buruk atau melakukan sebuah kecurangan/tindakan yang tidak sesuai dengan perannya, maka proses pembangunan ini dapat terganggu dan bahkan dapat terjadi sebuah kegagalan pembangunan. Kegagalan pembangunan ini akan sangat merugikan bagi masyarakat daerah, kelembagaan pemerintah yang terkait ataupun perusahaan swasta yang ikut menyumbangkan uang untuk investasi sebuah pembangunan daerah yang dilakukan tersebut (artinya stakeholder yang terlibat akan rugi karena ikut andil/berinvestasi untuk kegiatan pembangunan daerah tersebut).

Pembangunan dengan pertumbuhan dalam bidang ekonomi berbeda, pembangunan itu terdapat suatu kegiatan atau proses pelaksanaan yang berpengaruh dalam kenaikan pendapatan per kapita dan adanya perbaikan kelembagaan daerah. Sedangkan pertumbuhan itu adanya target yang harus dicapai atau yang merupakan sebuah tujuan untuk pertumbuhan ekonomi yang berpengaruh pada peningkataan pendapatan per kapita daerah.

Persamaannya hanya terdapat pada kenaikan pendapatan daerah, sehingga pembangunan yang dapat menciptakan pertumbuhan ini perlu dilakukan dengan baik agar tujuan dari sebuah pembangunan dapat dicapai dan di wujudkan.

Kelembagaan yang terkait dalam sebuah pembangunan disini tidak hanya dari pemerintah saja, melainkan dari pihak-pihak lain seperti perusahaan-perusahaan swasta, organisasi swasta/masyarakat, dan masyarakat sendiri dapat menginvestasikan uangnya untuk dana proses pelaksanaan suatu pembangunan daerah yang dilakukan. Agar investasi yang dilakukan itu dapat membawakan untung baik itu daerah dan para investor, pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat daerah tersebut, pelayanan apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini maupun masa depan dan sumber daya apa saja yang dapat dikembangkan perlu diketahui terlebih dahulu sebelum merencanakan sebuah pembangunan daerah.

Pembangunan daerah merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan menyediakan berbagai layanan untuk masyarakat maupun daerah itu sendiri secara berkelanjutan agar pertumbuhan ekonomi daerah dan pendapatan masyarakatnya dapat terus meningkat, sehingga mampu memenuhi atau mencapai kesejahteraan masyarakatnya dengan baik serta pemberdayaan baik itu kekayaan alam maupun manusia dapat dimanfaatkan dan ditingkatkan secara optimal. ( Dr, Nahor Nekwek )

Artikel ini telah dibaca 816 kali

Baca Lainnya