Dr. Nahor Nekwek Kabupaten Yalimo

Friday, 14 October 2022 - 16:25 WIB

4 months yang lalu

Dr, Nahor Nekwek, Diskusi Pengamanan TNI untuk pelantikan Kepala Kampung di Kabupaten Yalimo

Bupati Kabupaten Yalimo ( Dr. Nahok Nekwek, S.Pd., M.M ) pada tanggal 13 Oktober 2022 mengadakan koordinasi dan diskusi bersama TNI untuk acara pelantikan para Kepala Kampung se Kabupaten Yalimo. Kabupaten Yalimo terdiri atas 5 distrik dan 300 kampung dengan luas wilayah 4.330,29 km² dan jumlah penduduk 62.605 jiwa (2020).

Bupati Kabupaten Yalimo ( Dr. Nahok Nekwek, S.Pd., M.M ) berharap dengan adanya pelantikan ini, mengajak kolaborasi seluruh kepala Kampung se-Kabupaten Yalimo agar bisa terus menjaga kamtibmas dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak kelompok yang bersebrangan dengan NKRI.

Bupati Yalimo, Nahor Nekwek, SPd, MM ketika membuka skegiatan peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa bagi 42 kampung yang ada di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Selasa, (31/5). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Yalimo yang dipusatkan di Aula SMK Elelim, Kabupaten Yalimo.

Bupati Yalimo, Nahor Nekwek, SPd, MM mengapresiasi para kepala kampung di lima distrik se-Kabupaten Yalimo yang telah menyelenggarakan berbagai pembangunan baik berupa fisik maupun non fisik.

Diungkapkan, pemerintahan kampung harus mempunyai peraturan kampung untuk melaksanakan berbagai kegiatan, harus ada aturan undang-undang kampung supaya kegiatan pemerintahan itu dipacu dengan undang undang.”Ke depan akan diperketat untuk melaksanakan berbagai kegiatan di kampung,”ungkapnya.

Dikatakan, pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah kampung, baik fisik maupun non fisik harus ditingkatkan ke depan, demi kesejahteraan masyarakat kampung itu sendiri. “Intinya pembangunan di kampung-kampung harus betul-betul menyentuh masyarakat kampung, dengan demikian masyarakat itu menjadi sejahtera,”tandasnya.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada para kepala kampung yang telah memberikan bantuan dan dorongan melalui dana kampung kepada pelajar yang ada di kampung untuk biayai pendidikan bagi PAUD, SD, SMP, SMA.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana kegiatan peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa, Martheus Makmaker, SE dalam laporannya mengatakan, kegitan ini merujuk pada Undang-undang Desa No. 6, Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang No. 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan pemerintah No. 47 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas peraturan pemerintah No. 43 Tahun 2014, peraturan Menteri Keuangan No. 49 Tahun 2016 tentang tata cara pengalokasian penyaluran penggunaan, pemantauan dan dan evaluasi dana desa.

Lebih jauh dikatakan kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa Kabupaten Yalimo, untuk menambah pengetahuan dan kemampuan aparatur kampung dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar No. 6 Tahun 2016 tentang Desa dan aturan pekasanaannya.

Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah agar setiap desa di Kabupaten Yalimo dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan mengacu pada aturan dan perundang-undangan Desa yang berlaku. Sekadar diketahui,  peserta kegiatan ini yakni aparat kampung, kepala kampung di 42 kampung se- Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo. ( AI )

 

Artikel ini telah dibaca 813 kali

Baca Lainnya