Dr. Kenius Kogoya Pemerintahan

Thursday, 15 December 2022 - 10:48 WIB

2 months yang lalu

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si : Selamat Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2022

Hari Juang Kartika adalah hari bagi Korps Infanteri Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD). Hari Juang Kartika TNI AD sebelumnya disebut dengan Hari Infanteri. Infanteri adalah angkatan bersenjata yang termasuk dalam kesatuan pasukan berjalan kaki. Infanteri termasuk bagian pasukan tempur TNI AD.

Peringatan Hari Juang Kartika berlatar peristiwa bersejarah yaitu Pertempuran Ambarawa pada 1945. Menurut situs Kemdikbud yang dikutip detikNews, Pertempuran Ambarawa meletus pada 20 Oktober 1945. Pertempuran selama sekitar tiga bulan itu dimenangkan oleh Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 15 Desember 1945.Awal-Akhir Pertempuran Ambarawa 1945
Pertempuran Ambarawa berawal ketika pasukan sekutu di bawah pimpinan Brigjen Bethel mendarat di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945. Dalam perjalanannya menuju Magelang dan Ambarawa itu, pasukan sekutu membuat kerusuhan. Masyarakat Indonesia pun memblokade dan menyerang mereka.


Pada 2 November 1945, Sukarno dan Brigjen Bethel melakukan perundingan gencatan senjata. Namun sekutu mengingkari perjanjian itu sehingga pecahlah pertempuran 20 November 1945 yang menjalar ke dalam kota pada 22 November 1945. Bala tentara sekutu melakukan pemboman ke pedalaman Ambarawa untuk mengancam kedudukan TKR. Pada 26 November 1945 terjadi pertempuran yang menewaskan Kolonel Isdiman yang digantikan oleh Kolonel Soedirman.

Tewasnya Kolonel Isdiman mendorong rakyat dan TKR gencar melakukan serangan balik. Di bawah pimpinan Kolonel Soedirman, pada 11 November 1945, pertempuran pun berlanjut selama berhari-hari. Pertempuran berakhir dengan kemenangan TKR pada 15 Desember 1945.Pertempuran tersebut kemudian dikukuhkan dalam pasukan tempur darat utama di TNI Angkatan Darat. Melalui TNI, maka setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika TNI AD atau Hari Infanteri yang menggambarkan kekuatan NKRI.

Artikel ini telah dibaca 2070 kali

Baca Lainnya