Dr. Nahor Nekwek Pemerintahan

Sunday, 11 December 2022 - 23:17 WIB

2 months yang lalu

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si, Sang Pelopor Kebangkitan Olah Raga Tanah Papua ( Bagian Kedua )

Pada hari Jumat (15/7/2022). Ketua Umum Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, resmi melantik  dan kukuhkan Dr.Kenius Kogoya, S.P., M.Si bersama pengurus KONI Papua periode 2022-2026 di gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura.

Turut hadir Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, Sekda Provinsi Papua, DR. Ridwan Rumasukun dan Forkopimda Papua. Ketua Umum KONI Provinsi Papua, Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si  mengatakan membangun dan membina olahraga di Provinsi Papua menjadi harapan besar untuk diwujudkan dengan tekat yang kuat.

Sebelum menjadi ketua Umum KONI Papua, Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si menjabat sebagai Sekum KONI Papua, dan pada saat menjadi Sekretaris Umum KONI Papua itu, Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si bekerja sangat keras dalam upaya menjadi Papua sebagai tuan rumah PON XX dan sekaligus Papua bisa sukses Prestasi dalam ajang POB XX Papua itu. Banyak hal yang dilakukan oleh KONI Papua agar Papua benar-benar bisa sukses sebagai tuan rumah dan juga prestasi.

Oleh karena itu, Dr, Kenius Kogoya, S.P., M.Si ( Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua) terus menyusun strategi menuju target yang diharapkan pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, yakni tembus di posisi lima besar. Program panca sukses yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, administrasi, dan budaya positif yang diusung oleh kontingen Papua menjelang PON XX, Oktober tahun ini, pihaknya diberikan tanggung jawab untuk mewujudkan sukses prestasi. Kenius pun optimistis Papua bisa mencapai target lima besar dan meraih sukses prestasi pada PON XX.

“Dalam mempersiapkan itu, kita menyiapkan program yang bernama panca sukses yaitu sukses penyelenggaraan, prestasi, ekonomi, administrasi, dan budaya positif. Lima program itulah yang kita siapkan menuju PON, jadi masing-masing stakeholder baik pemerintah maupun PB PON dan KONI Papua menyiapkan panca sukses itu untuk kita capai bersama. Sukses prestasi itu menjadi tugas KONI Papua,” ( Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si )

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si menegaskan upaya untuk mewujudkan sukses prestasi itu sudah digeber oleh pihaknya, dengan menyiapkan pemusatan latihan atlet secara matang demi target finish di posisi lima besar. Bahkan, dirinya juga optimistis kontingen Papua pada perhelatan PON XX nantinya bisa ikut bersaing memperebutkan posisi tiga besar.

“Langkah-langkah sudah kita persiapkan, andai kata hari ini kita laksanakan PON maka kami sudah sangat siap dari pada kontingen-kontingen lain. Jadi kalau target masuk ke lima besar itu sebenarnya tidak ada masalah buat kita. Sekarang bagaimana kita bisa menembus target juara tiga, dua, bahkan satu,”                    ( Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si )

Hari Rabu (25/5/2022). Komisi V DPR Papua kembali melaksanakan Rapat Dengar Pendapat atau RDP dengan mitra terkait. RDP kali ini bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Provinsi Ppaua digelar di Kota Jayapura.

Wakil Ketua Komisi V DPR Papua, Kamasan Jack Komboy mengatakan, pihaknya mengundang KONI Papua untuk mendengar langsung berbagai persiapan menuju PON XXI tahun 2024 dan pasca PON XX tahun 2021.

“Tadi disampaikan ada banyak prestasi yang kemarin dicapai, kami pun memberikan apresiasi  terlebih Papua berada di urutan ke empat pada PON lalu,’’ kata Jack Komboy usai RDP.

Menurutnya, euforia PON telah selesai, saatnya kembali mempersiapkan diri menghadapi PON 2024.

Selain persiapan PON 2024, dalam RDP tersebut, pihaknya ingin mengetahui persiapan KONI menjelang Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov.

Oleh karena itu, dia mengingatkan bahwa Porprov harus dirancang dengan baik, sehingga semua KONI kabupaten dan kota siap untuk berlaga.

Jack mengungkapkan bahwa Porprov adalah salah satu proses pembinaan atlet. Karenanya, pemerintah harus merespon baik, sehingga lewat ajang tersebut, muncul atlet-atlet yang andal, kemudian dapat diseleksi untuk mengikuti PON 2024 mendatang.

KONI, kata Jack, juga menyampaikan capaian mereka terkait atlet yang meraih prestasi di Sea Games Vietnam.

“Kami berharap nantinya ada Asian Games dan menguncinya di Olimpiade, itu mimpi kita semua. Kami berharap KONI dapat mengembangkan dan menyiapkan para atlet untuk bisa berprestasi. Kalau persiapan baik maka hasilnya akan baik pula,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Papua, Kenius Kogoya menjelaskan, bahwa yang menjadi poin penting dalamRDP tersebut adalah pihaknya telah membahas pembinaan olahraga prestasi dilakukan secara kontinyu.

“Artinya setelah event PON ini, atlet-atlet yang sudah berprestasi dan masih memiliki potensi akan kita bina untuk PON 2024,’’

                                   ( Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si )

Kenius pun meminta kepada seluruh cabang olahraga agar tidak meninabobokan atletnya setelah menerima bonus.

“Harusnya, pelatih dan atlet mulai latihan dari sekarang, jangan bersantai-santai, karena waktunya sudah semakin dekat dan tahun depan sudah pelaksaan pra PON. Kalau PON XX kita selaku tuan rumah tidak mengikuti pra PON, namun pada PON 2024 ini, kita wajib ikut pra PON,”

                                       ( Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si )

Kenius berharap kedepannya prestasi olahraga Papua akan lebih bagus lagi. Hanya saja, itu kembali lagi kepada kebijakan anggaran, terlebih masa jabatan Gubernur Lukas Enembe akan berakhir.

‘’Kami berharap Plt maupun gubernur berikutnya tetap memperhatikan Papua sebagai Provinsi olahraga,’’ ucapnya.

Soal Porprov, Kenius menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan hal-hal menyangkut pembiayaan dan lainnya, namun hal itu menjadi ranah pemerintah provinsi Papua.

“Rencana pelaksanaan proprov digelar November 2022, tetapi kalau pemerintah memfasilitasi dengan anggaran yang cukup, kami pasti dapat melakukannya tahun ini. Hanya, kita tetap ikuti kebijakan Pemerintah Provinsi,” ( Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si )

( BERSAMBUNG )

 

 

Artikel ini telah dibaca 2069 kali

Baca Lainnya