Dr. Kenius Kogoya Politik

Sunday, 11 December 2022 - 22:15 WIB

2 months yang lalu

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si ( Ketua Umum KONI Papua ) : Selamat Hari Bhakti Transmigrasi Ke 72 Tahun 2022

Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) diperingati pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya dan tahun ini bertepatan dengan hari Senin (12/12/2022). Istilah transmigrasi diperkenalkan oleh presiden dan wakil presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta. Soekarno saat itu memperkenalkannya melalui tulisannya di “Harian Soeloeh Indonesia”.

Transmigrasi tidak hanya soal memindahkan penduduk, tetapi juga secara lebih komplek terkait dengan upaya pemerataan pada berbagai aspek pengembangan, seperti pendidikan, kesehatan, mental spiritual/keagamaan, olah raga, kesenian dan lain lain.

Melalui Konferensi Ekonomi di Kaliurang, Yogyakarta yang terselenggara pada 3 Februari 1946, Hatta menyebutkan transmigrasi sangat penting untuk mendukung pembangunan industrialisasi di luar Jawa.

HBT bermula pada 12 Desember 1950 yang kala itu memberangkatkan 23 Kepala Keluarga (KK) ke Lampung dan Lubuk Linggau sebanyak 2 KK. Saat itu jumlah keseluruhan sebanyak 98 orang.

Oleh karena itu, pada setiap tanggal 12 Desember kemudian diperingati sebagai Hari Bhakti Transmigrasi (HBT). Tahun 2022 ini program transmigrasi memasuki 72 tahun sejak pertama kali diselenggarakan pada 1950. Sejak itu, program transmigrasi telah mendorong terbentuknya 1.529 desa definitif, 454 kecamatan, 113 ibu kota kabupaten, dan 2 ibu kota provinsi. Sepanjang rentang itu pula, tercatat setidaknya ada 2,2 juta kepala keluarga yang mengikuti program transmigrasi dan telah ditempatkan di permukiman baru. Target hingga akhir periode adalah terwujudnya 7 kawasan dengan tingkat pengembangan Berdaya Saing, 12 Kawasan Berkembang, dan 33 Kawasan Mandiri.
Pemerintah kini terus mematangkan metode baru sekaligus mengubah persepsi lama transmigrasi yang hanya sekedar memindahkan orang, dengan memastikan para transmigran lebih berdaya dengan formula pengelolaan berbasis teknologi dan manajemen modern. 
Kebijakan nasional pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi tahun 2020 hingga tahun 2024 difokuskan pada revitalisasi kawasan transmigrasi, sebagaimana amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Ada 52 kawasan transmigrasi prioritas nasional yang akan menjadi fokus pemerintah. Kemendes berkomitmen untuk menuntaskannya demi kesejahteraan masyarakat.

Artikel ini telah dibaca 1929 kali

Baca Lainnya