Uncategorized

Sunday, 11 December 2022 - 21:56 WIB

2 months yang lalu

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si ( Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua ) : Selamat Hari Bhakti Transmigrasi Ke 72 Tahun 2022

Hari Bhakti Transmigrasi 2022 akan diperingati pada tanggal 12 Desember mendatang. Dilansir situs resmi Kementerian Desa Republik Indonesia, tema Hari Bhakti Transmigrasi 2022 “Transmigrasi Mendukung Pencapaian SDGs Desa untuk Indonesia Maju.”

SDGs adalah singkatan dari The Sustainable Development Goals yang artinya tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

Hari Bhakti Transmigrasi diperingati setiap 12 Desember. Diketahui, Hari Bhakti Transmigrasi 2022 adalah peringatan ke-72.

Puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke-72 akan digelar di Kampung Yasa Mulya Distrik Tanah Miring Kabupaten Merauke, Senin (12/12/2022). Rencananya, upacara akan diselenggarakan secara hybrid dan diikuti seluruh pegawai Kemendes PDTT serta pendamping desa.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar beserta seluruh pejabat Kemendes dijadwalkan akan hadir mengikuti serangkaian resepsi peringatan hari besar tersebut.

Sejarah Hari Bhakti Transmigrasi

Dikutip dari situs Kemenkeu, istilah transmigrasi pertama kali dicetuskan oleh Bung Karno tahun 1927 dalam Harian Soeloeh Indonesia. Dalam Konferensi Ekonomi di Kaliurang, Yogyakarta pada 3 Februari 1946, Wakil Presiden Bung Hatta menyebutkan pentingnya transmigrasi untuk mendukung pembangunan industrialisasi di luar Jawa.

Hari Bhakti Transmigrasi dimulai sejak 12 Desember 1950. Transmigrasi pertama kali dilakukan dengan memberangkatkan 23 Kepala Keluarga ke Lampung dan dua Kepala Keluarga ke Lubuk Linggau.

Namun, ada peristiwa tragis terkait sejarah Hari Bhakti Transmigrasi. Pada tanggal 11 Maret 1974, 67 pionir transmigran asal Boyolali, Jawa Tengah yang berangkat ke Unit Pemukiman Transmigrasi (UOT) Rumbiya, Sumatera Selatan, meninggal dunia dalam kecelakaan.

Bus yang mereka tumpangi tergelincir, lalu masuk dan terbakar di Kali Sewo, Desa Sukra, Indramayu, Jawa Barat. Untuk mengenang peristiwa tersebut, dibangun Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra, Indramayu. ( AI )

Artikel ini telah dibaca 2055 kali

Baca Lainnya