Politik

Sunday, 28 August 2022 - 13:00 WIB

5 months yang lalu

DPD HANURA PAPUA BERGERAK…

Gaung tahapan Pilkada 204 telah dimulai beberapa Partai Politik sudah mulai bergerak untuk “memanaskan” mesin politiknya. Saat ini, berbagai persiapan menuju kontestasi membutuhkan cara berbeda karena pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhir. Aturan-aturan baru seputar kampane dan penggalangan massa sedang disiapkan. Pasti dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kepentingan masyarakat luas harus berada di atas segalanya. Meskipun pilkada adalah pesta demokrasi, esensinya pasti bukan pada ‘’pestanya’’. Karena itu partai sebagai pengusung calon harus fokus pada bagaimana mengomunikasikan calon dan program-programnya kepada masyarakat. Proses itu tentu perlu didukung oleh segenap mesin partai. Memanaskan mesin partai di tengah darurat bencana kesehatan saat ini tentu membutuhkan cara berbeda. Kreativitas menjadi kata kuncinya.

Tentu kreativitas dalam batas batas yang ada. Bahkan partai perlu mengingatkan calonnya agar tak memanfaatkan keadaan. Kelengahan bisa memunculkan suasana yang kontraproduktif. Misalnya saja menyangkut calon yang berstatus petahana. Posisi sebagai pejabat yang tentu saja memiliki kewenanganan dalam dinamika pemerintahan jangan kemudian dimanfaatkan untuk kepentingan pencitraan. Kasus pemasangan gambar dalam bantuan kepada masyarakat jangan terulang.

Memanaskan mesin partai bisa diawali dengan langkah konsolidasi dan sosialisasi. Kini saatnya penataan untuk pertarungan berikutnya.  Tentu dengan memperhatikan tahapan-tahapan berdasarkan prioritas. Dalam jangka pendek bentuknya adalah peletakan fondasi untuk kepentingan yang lebih besar. Sasaran antaranya adalah pilkada serentak.

Perspektif baru, baik dalam media komunikasi maupun sudut pandang dalam melihat permasalahan, perlu dicari. Tentu saja upaya itu tertuju pada semangat untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Program-program nyata yang terukur jangan sampai dilupakan. Sosialisasi program membutuhkan berbagai kiat, yang disesuaikan dengan kondisi darurat yang sedang terjadi. Partai tentu berada di garda terdepan. Mesin partai perlu dipanaskan untuk menghasilkan langkah langkah kreatif.

DPD Hanura Papua, sangat menyadari akan pentingnya sosialisasi, baik secara langsung maupun melalui media sosial. Karena dengan adanya sosialisasi tersebut masyarakat dapat mengetahui kegiatan dan aktivitas suatu Partai Politik didalam menyambut Pilkada/Pileg 2024.

Khusus untuk kaum muda dan kaum Millenial Papua, yang sehari harinya selalu akrab dengan handphone tentung akan terus memantau berbagai informasi dari setiap Partai Politik di media sosial.

Artikel ini telah dibaca 1542 kali

Baca Lainnya