Dr. Kenius Kogoya Politik

Tuesday, 20 December 2022 - 21:43 WIB

1 month yang lalu

DIRGAHAYU PARTAI HANURA KE-16 ( Dr. Kenius Kogoya. S.P., M.Si )

EBPN.com. Pada akhir tahun 2022 ini, selain peristiwa hari besar Natal juga adalah lahir lahirnya Partai Hanura yang ke – 16, sebagai refleksi atau catatan-catatan yang ingin disampaikan oleh Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua ( Dr, Kenius Kogoya, S.P., M.Si ) diuraikan dalam tulisan ini,  dari hasil diskusi dan wawancara secara excklusive dengan Pemred Erabarupapuanews.com pada tanggal 20 Desember 2022.

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si dalam wawancara dan diskusi ini menyampaikan tentang Makna dan uraian yang lebih mendetail tentang thema HUT Partai Hanura Ke 16 yang telah ditetapkan oleh seluruh jajaran DPP Partai Hanura bersama Bp. Osman Sapta Odang ( Ketum DPP Hanura ).

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M,Si dalam awal diskusi dan wawancara ini  menyampaikan bahwa thema “Membangun Indonesia Dengan Hati Nurani”  yang ditetapkan tersebut memiliki makna yang tersirat dan makna yang mendalam terkait menjalani kehidupan bernegara berbangsa yang bertujuan untuk mensejahterakan Rakyat. Dengan kalimat tersebut tentu akan menimbulkan aura positif terkait semangat dalam membangun Tanah Papua yang ada di Indonesia bagian timur tersebut.

Dr. Kenius Kogoya, S.P., M,Si yang juga dikenal sebagai Doktor termuda di provinsi Papua, menguraikan realisasi membangun Tanah Air bukan bertujuan untuk menguntungkan masalah pribadi maupun menguntungkan sebagian kelompok, namun lebih jauh dari itu adalah kebersamaan dalam bergandengan tangan untuk memajukan Indonesia dan masyarakat tentunya, jika sudah tertanam dalam Hati Nurani untuk kemajuan bersama maka kepentingan pribadi harus dikemudiankan setelah membangun secara bersama-sama.

Berjuang dan Membangun bersama-sama tentunya memiliki spirit tersendiri yang digabungkan menjadi satu misi dan satu tujuan, menetapkan program yang sama dengan arahan seorang pemimpin, pimpinan bukan lagi masalah ego tetapi masalah keterbukaan, jujur, disiplin dan bertanggungjawab. Karena dengan tertanamnya hal demikian akan membawa masyarakat ke arah yang lebih baik.

Secara sederhana Dr. Kenius Kogoya, S.P., M.Si berpandangan bahwa hati nurani adalah pusat kebenaran sejati. Pada akhirnya, hati nurani adalah solusi dari merosotnya akhlak dan moral bangsa Indonesia. Hati nurani sangat penting untuk mengedepankan kembali kejujuran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang saat ini sedang bermasalah. Tanpa adanya rasa dalam hati nurani, semua akan berantakan dan hanya mengedepan ego semata tanpa harus ada rasa tenggang rasa. Maka dirasa sangat tepat untuk mengedepankan Hati Nurani sebagai penipisan terhadap ego yang masih saja besar disetiap individu-individu.

Demokrasi serta kebebasan berpendapat memang harus berhati-hati, maka jika tidak hati-hati akan lenyap rasa persaudaraan sebagai bangsa, dan digantikan perasaan yang penuh kebencian, dendam, curiga, saling hujat, bertengkar satu dengan yang lain, bahkan terkadang saling menyerang antaranak bangsa. Keterpurukan ini tidak lain adalah buah dari ego dan nafsu yang tidak terbendung, yang tidak dapat dikendalikan. Lawan dari nafsu adalah kekuatan Hati Nurani. Saatnya semua elemen bangsa diajak kembali menggunakan Hati Nuraninya dalam berpikir, bersikap, dan bertindak. Hati Nuranilah yang sebagai pondasi dan benteng pertahanan dalam menahan semua sifat-sifat negatif dalam kehidupan berbangsa.

Adapun karakter yang dimunculkan jika berpegang kepada Hati Nurani adalah hilangnya destruktif generasi muda, memberikan arah bagaimana mereka merengkuh masa depan yang cerah. Dengan karakter positif yang kuat, akan dapat membentengi generasi muda dan pelaksana negeri ini dari tindakan-tindakan yang dapat merendahkan martabat bangsa seperti korupsi, perilaku manipulatif, saling merendahkan dan saling menjatuhkan. Maka dari itu sangat penting mengedepankan Hati Nurani dalam membawa perubahan besar. ( BERSAMBUNG ) ( AI )

 

 

Artikel ini telah dibaca 1954 kali

Baca Lainnya