Uncategorized

Tuesday, 1 November 2022 - 20:35 WIB

3 months yang lalu

Bupati Yalimo ( Dr. Nahor Nekwek ) Bersama KemenPUPR Inspeksi Jembatan Meteor, Yalimo

Pada tanggal 1 November 2022 Bupati Yalimo ( Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M ) bersama team dari Kementerian PUPR mengadakan inspeksi ke jembatan Meteor, Sungai Mamberamo.

Pemeriksaan Jembatan Meteor dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kerusakan yang terjadi pada jembatan, untuk selanjutnya hasil pemeriksaan dapat dibahas bersama dengan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan sehingga dapat diketahui metode penanganan yang tepat untuk perbaikan jembatan.

Sebagai informasi, Jembatan Meteor yang juga disebut sebagai Jembatan Mamberamo merupakan jembatan suspensi / gantung dengan panjang 235 meter yang selesai dibangun pada tahun 1998. Jembatan Meteor berada di Jalan Trans Papua, tepatnya di ruas Senggi – Wamena.

Jembatan ini menghubungkan antara Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dengan Kabupaten Yalimo dan 7 Kabupaten di kawasan pegunungan tengah, yaitu Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya.

Jembatan Meteor yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Bewsar Pelaksana Jalan Nasional X itu dengan bentangan 235 dengan tinggi sekitar 50 meter dilengkapi besi baja dan kayu jati yang berukuran balok.

Jembatan Meteor dibangun tanpa tiang, merupakan jembatan gantung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Yalimo. Distrik terujung di perbatasan ini adalah Distrik Airu (Kabupaten Jayapura) dan Distrik Benawa (Kabupaten Yalimo). ( AI )

Artikel ini telah dibaca 53 kali

Baca Lainnya