Dr. Nahor Nekwek Pemerintahan

Wednesday, 9 November 2022 - 16:34 WIB

3 months yang lalu

Bupati Kabupaten Yalimo Mengadakan Pertemuan Dengan Kepala Suku Untuk Pembangunan Jembatan Timbang

Pemerintah kabupaten Kabupaten Yalimo akan  mendirikan jembatan timbang di sejumlah titik ruas jalan trans Papua yang menghubungkan Kota Jayapura dengan daerah di Pegunungan Tengah Papua.  Dr. Nahor Nekwek, S.Pd., M.M, mengatakan keberadaan jembatan timbang diperlukan untuk memastikan berat muatan setiap kendaraan yang melintasi jalan itu.

Selama ini banyak kendaraan muatannya melebihi kapasitas yang ditentukan, karena tidak adanya pengawasan. Misalnya kapasitas muatan kendaraan maksimal tiga atau empat ton. Akan tetapi supir mengangkut muatan hingga delapan ton.

Dr. Nahor Nekwek menjelaskan, bahwa kapasitas muatan kendaraan yang tidak sesuai ketentuan akan berdampak pada kondisi jalan dan mempercepat proses kerusakan jalan. Apalagi jalan trans Jayapura ke Pegunungan Tengah dibangun di atas kontur tanah yang lembab. Selain itu muatan kendaraan yang melebihi kapasitas juga membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpangnya, yang juga rawan menyebabkan terjadinya kecelakaan. Apalagi kendaraan mesti melalui jalan berkelok dan menanjak.

Bupati Yalimo mengeaskan, keberadaan jembatan timbang tidak hanya untuk memastikan beban muatan setiap kendaran yang melintas. Juga untuk mengetahui muatan setiap kendaraan. Apakah ada barang terlarang atau tidak. Sejumlah titik yang dinilai perlu didirikan jembatan timbang, yakni di perbatasan Kota Jayapura-Kabupaten Keerom, di ruas jalan menuju perbatasan Keerom dengan daerah Pegunungan Tengah, di Senggi-Waris Kabupaten Keerom yang merupakan arah ke wilayah Pegunungan Tengah, dan di Benawa, Kabupaten Yalimo atau pintu masuk ke Pegunungan Tengah dari Jayapura.

Oleh karena itu pada tanggal 9 November 2022, Bupati Yalimo mengadakan pertemuan dengan para kepala Suku yang memiliki Hak Ulayat di Lokasi pembangunan Jembatan Timbang tersebut.

( NMM )

 

Artikel ini telah dibaca 718 kali

Baca Lainnya