Kenius Kogoya Pemuda

Friday, 21 January 2022 - 00:41 WIB

4 months yang lalu

BIJAKLAH DALAM MENGGUNAKAN TEKHNOLOGI

Editor. Alex.M 

EBPN.Com. Futurolog Alfin Toffler  menyebut zaman ini sebagai Zaman informasi. Menurut Toffler, penguasa pada Zaman informasi yang dimulai sejak akhir abad 20 Masehi, adalah orang-orang yang menguasai informasi dan media komunikasi massa modern. Karena siapa yang menguasai informasi dan medianya, maka dia akan dapat mengendalikan dunia.

tahun 1960-an ketika belajar komputasi dan negara-negara industri utama dunia bergeser dari industri manufaktur ke industri jasa, para ilmuwan seperti hal tersebut sebagai munculnya fenomena masyarakat informasi (information society). Ide munculnyaf masyarakat baru ini terjadi karena fenomena tersebut dipercayai memiliki dukungan sosial yang kuat. Daniel Bell menjelaskan bahwa masyarakat ini akan menuju masyarakat yang lebih partisipatif, terdesentralisasi, dan lebih demokratis.

Era perkembangan komputer terus berlanjut dan berkembang sampai pada tahun 1990-an melahirkan teknologi internet. Para ahli tercengang dengan begitu pesat perkembangan teknologi ini yang oleh mereka disebut “sebagai yang tidak terduga”. Internet begitu memukau dan begitu cepat berkembang dengan varian-varian programnya yang menjadikan bumi ini dalam cengkraman teknologi.

Namun demikian kemajuan teknologi komunikasi tersebut tidak serta menguntungkan dalam segala aspek. Selain banyak kegunaan dan manfaat juga dampak negatifnya. sesuatu yang tidak pantas dilihat oleh kalangan anak-anak misalnya tanpa terbendung akibat banyak kasus-kasus amoral dan tindakan negatif lainnya akibat dampak mengakses internet (Nurudin, 2007: 61). Kemajuan teknologi komunikasi tersebut bukan hanya menimpa pada anak-anak tapi menimpa lapisan masyarakat lainnya seperti para remaja, dewasa dan juga orang tua, sehingga berdampak pada perubahan yang luar biasa bagi budaya umat manusia.

Teknologi komunikasi merupakan penerapan prinsip-prinsip ilmiah untuk memproduksi suatu item material bagi efektifitas dan efisiensi proses komunikasi. Teknologi komunikasi juga dapat dilihat sebagai penerapan prinsip-prinsip komunikasi melalui penciptaan materi (alat-alat teknis) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas peranan unsur-unsur komunikasi seperti sumber, pesan, media, sasaran, dampak sesuai dengan konteks komunikasi. dalam cara pandang ilmu komunikasi, teknologi komunikasi merupakan suatu sistem makro yang di dalamnya meliputi teknologi telekomunikasi, teknologi elektronika, dan TI.

Perkembangan teknologi informasi saat ini tentu berawal dari kemajuan dibidang komputerisasi. Penggunaan komputer pada masa awal untuk mengungkapkan menulis, membuat grafik dan gambar serta alat menyimpan data yang luar biasa telah berubah menjadi alat komunikasi yang lunak dan dapat mencakup seluruh dunia.

Teknologi informasi dan komunikasi sebagai jawaban atas pemikiran manusia menjadi alat untuk membantu memecahkan masalah yang ada. Dan diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter. Namun, tidak dapat disangkal bahwa perubahan dan perkembangan teknologi yang terus berlanjut pada informasi dan komunikasi akan berdampak pada kehidupan sosial yang ada hingga mempengaruhi aspek yang lebih besar lagi yaitu kebudayaan. @m

Artikel ini telah dibaca 96 kali

Baca Lainnya