Pemerintahan Politik

Wednesday, 18 August 2021 - 02:10 WIB

1 year yang lalu

ANALISA INES : Kenius Kogoya, Pemimpin Muda Papua Yang Bertypikal Gaya Kemimpinan Modern

Indonesian Network Election Survey ( INES ), melihat  dan mengamati bahwa sosok Kenius Kogoya, S.P., M.Si atai yang akrab dipanggil sebagai Big KK, adalah sebagai calon Pemimpin Muda masa depan Papua dengan Gaya Kepemimpinan Modern dan Visioner. Kalau boleh dikatakan, tampilnya Kenius Kogoya yang secara mengejutkan sebagai seorang Pemimpin Besar dikancah Politik tanah Papua tidak terlepas dari KEBERHASILAN ” didikan” dan ” bimbingan” Bp. Lukas Enembe.

 

Bp. Lukas Enembe, telah memprediksi bahwa pada tahun 2024 nanti, beliau tidak bisa mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur Papua. Dan oleh karena itulah dari jauh hari sebelumnya sejak 7 tahun yang lalu, Bp. Lukas Enembe mulai mendidik dan mengembleng seorang Kenius Kogoya, S.P., M.Si untuk menjadi seorang Pemimpin Masa Depan Papua dengan Gaya Kepimimpinan Modern dan Berwawasan Visioner.

Banyak ilmu-ilmu kepemimpinan yang telah diwariskan oleh Lukas Enembe kepada Kenius Kogoya, antara lain, pentingnya kepedulian dan mengedepankan kepentingan Orang Asli Papua dalam berbagai hal, khususnya untuk pembangunan Tanah Papua dan peningkatan kesejahteraan Orang Asli Papua. Lukas Enembe juga mengajarkan akan pentingnya perhatian Kenius Kogoya kepada dunia Media dan Informasi. Karena bagi Lukas Enembe, setiap informasi perkembangan Politik Papua, Indonesia bahkan dunia selalu beliau ikuti dan beliau perhatikan. Bahkan pernah ada suatu kejadian, ada seorang masyarakat yang koment tentang permasalahan berat yang dihadapinya di FB beliau, dipanggil lalu dibantu oleh Lukas Enembe tentang permasalahan yang sedang dihadapinya itu.

Lukas Enembe dari sejak kecil sangat senang membaca baik buku, koran, Majalah untuk menambah wawasannya.  Lukas Enembe telah menulis banyak buku, dan Kenius Kogoyapun telah mengikuti jejak Sang Gurunya itu dengan menulis 2 buku, yang berjudul : Kebangkitan Olah Raga di Tanah Papua dan Buku Lukas Enembe Bapak Pembangunan Olah Raga Papua.

Dalam hal pembentukan Keilmuan, Kenius Kogoya terus menimba Ilmu, saat ini sedang mengambil Program S3 ( Dr ) di Unversitas Cenderwasih, Jayapura. Lukas Enembe juga mengajarkan kepada Kenius Kogoya, tentang pentingnya untuk menjaga Kerukunan Hidup Umat Beragama dan saling hargai menghargai Adat Budaya Nusantara. Karena dengan cara seperti itulah, adat budya Orang Asli Papua juga akan dihargai dan dihormati oleh masyarakat dari seluruh Nusantara di Indonesia ini.

Hasil dari didikan Bp. Lukas Enembe itu telah menjadikan Kenius Kogoya bagaikan “Rising Star” yang tampil diantara para para pemimpin Papua yang telah berusia tua, Kenius Kogoya menjadi pemimpin Harapan Masa Depan Papua. Ketika nama Kenius Kogoya ditetapkan oleh Bp. Lukas Enembe sebagai salah seorang Calon Wakil Gubenur Papua, dunia persilatan Politik Papua sebenarnya agak terkejut juga. Karena secara jam terbang dalam dunia politik, Kenius Kogoya termasuk masih yunior bila dibandingkan dengan politisi-politisi senior kawakan di tanah Papua.

 

 

Namun, jika melihat Gebrakan dari Kenius Kogoya, tidak salah pilihan Bp. Lukas Enembe yang menetapkan nama Kenius Kogoya sebagai seorang calon wakil Gubernur Papua. Adapun prestasi hebat dari Kenius Kogoya yang menjadi pertimbangan dari Bapak Lukas Enembe adalah sbb :

  1. Terbukti bisa bekerjasama dengan Bp. Lukas Enembe. Jabatan Kenius Kogoya sebagai Sekum KONI Papua, sukses dijalankannya bahkan meraih prestasi-prestasi dan AWARD secara Nasional. Kenius Kogoya telah mampu membuktikan bahwa Papua dan Orang Asli Papua, juga mampu menyelenggarakan suatu Ivent berkelas Nasional seperti PON XX Papua 2021. Yang mana pada saat ini telah dinilai oleh Menpora, Papua siap lebih dari 90 % untuk melaksanakan PON XX Papua 2021.
  2. Meraih dukungan dari 5 Parpol ( Hanura, PKB, PPP, PKPI, PBB )
  3. Meraih Polling Real FB terbanyak sebagai wakil Gubernur Papua harapan masyarakat Papua dari 5 wilayah adat Papua.
  4. Partai Hanura sangat Loyal dan sangat Solid mendukung Kinerja Bp. Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua.
  5. Pendukung dan relawan Kenius Kogoya yang sangat banyak dari 5 wilayah adat Papua dan masyarakat Nusantara yang sangat Militan didalam mendukung Kenius Kogoya.
  6. Sosialisasi-sosialisasi yang cukup banyak di Media Massa ( FB, Twitter, Instagram )
  7. Figur Kepemimpinan dari Kenius Kogoya yang bisa diterima oleh semua masyarakat Papua dari 5 wilayah adat, masyarakat Nusantara serta juga telah diangkat sebagai tokoh Adat Minang Kabau ( Sumtera Barat ) dengan gelar Sutan Diraja. Bp. Lukas Enembe memang menginginkan bagaimana seorang Tokoh Orang Asli Papua itu, ketokohan bukan hanya diakui di Provinsi Papua saja, tetapi akan sangat bagus juga apabila bisa menjadi Tokoh dari Provinsi lainnya di Indonesia. Karena hal inilah yang menunjukan bahwa Pemimpin Orang Asli Papua itu juga sekelas dengan tokoh Nasional.

Kenius Kogoya seakan melaksanakan NAPAK TILAS, kisah perjalanan Lukas Enembe ketika menjadi Gubernur 2 Periode di Provinsi Papua, semua Ilmun dan pengalaman Lukas Enembe diserap dengan sepenuh Jiwa. Dimata Kenius Kogoya, Bp. Lukas Enembe adalah seorang PEMIMPIN LEGENDA Papua, yang memang KINERJA dan Prestasinya didalam membangun Papua, belum tentu bisa dicapai oleh pemimpin Papua berikutnya.

Jujur saja saya katakan, Kenius Kogoya memang dipersiapkan oleh Bp Lukas Enembe sebagai penerus Tongkat Estafet kepemimpinannya didalam memimpin Papua kelak. Karena cuma Kenius Kogoya satu-satunya Pemimpin Papua yang masih berusia muda dan mempunyai wawasan yang Visioner yang akan membawa Papua di era Modern tahun 2024 nanti. Tahun 2024 adalah era Modern, Era Millenium yang tidak bisa dipimpin oleh pemimpin Papua yang sudah berusia tua, harus Pemimpin Muda dan bertypikal Kepemimpinan Modern.

Ketika tahun 2021, terjadi kekosongan jabatan wakil Gubernur Papua, apakah Bp. Lukas Enembe akan memberikan Posisi wakil Gubernur Papua kepada Kenius Kogoya sebagai untuk menambah JAM TERBANGnya didalam pengalaman untuk memimpin Daerah ? 

Bp. Lukas Enembe bukan bertype seperti seorang Guru yang terlalu memanjakan anak didiknya, Bp. Lukas Enembe malah ingin melihat proses pemilihan Wagub Papua ini sebagai UJIAN bagai Kenius Kogoya. Ujian Pertama dari Bp. Lukas Enembe ialah : apakah Kenius Kogoya memang Pemimpin yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat Papya dan masyarakat Nusantara ? ternyata dukungan dan simpati kepada Kenius Kogoya untuk maju sebagai Wagub Papua, bagaikan Air Bah yang muncul dari seluruh wilayah adat Papua Kenius Kogoya berhasil LULUS dari Ujian pertama.

Ujian Kedua, apakah Kenius Kogoya bisa mendapatkan dukungan dari Partai Politik lain untuk maju di Cawagub Papua ini ? ternyata Kenius Kogoya juga berhasil LULUS, setelah berhasil mendapatkan dukungan Partai terbanyak ( 5 Partai ). dari seluruh calon Wakil Gubernur Papua.

Ujian yang Ketiga adalah apakah Kenius Kogoya berhasil mendapatkan dukungan suara terbanyak dari Anggota DPR Papua ketika pemilihan 2 nama calon nantinya dalam rapat Pleno DPRP. Karena untuk memperoleh dukungan dari anggota DPRP untuk bisa menjadi Wagub Papua juga harus melalui proses loby-loby baik di Provinsi maupun di DPP.

Bp. Lukas Enembe tentunya bukan hanya berdiam diri begitu saja, Bp. Lukas Enembe akan memantau setiap perkembangan proses pemilihan Cawagub Papua ini. Bp. Lukas Enembe sangat tau, kapan beliau berbuat apa, dan untuk siapa beliau berbuat apa. Bp. Lukas Enembe adalah seorang Pemimpin Besar Papua yang Kaya Pengalaman serta Teguh seteguh Karang pendiriannya. Jika beliau sudah putuskan A ya harus A, tidak ada seorangpun yang bisa mengubah/mengintervesi apa yang beliau sudah putuskan. Keputusannya dan kebijakannya banyak yang tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Lukas Enembe adalah Pemimpin Fenomenal Papua, sungguh sangat beruntung bagi Kenius Kogoya yang menerima Bimbingan dan Gemblengan langsung dari beliau. Dari segi karakter serta jiwa kepemimpinan, Kenius Kogoya memang seperti LUKAS ENEMBE MUDA, baik dari strategi maupun dari segi ketenangan dalam mengambil keputusan.

Dengan melejitnya nama Kenius Kogoya dalam ajang pemilihan Wagub Papua ini, adalah suatu modal besar bagi Partai Hanura Papua, yang mana didalam upaya untuk meningkatkan jumlah Kursi di DPRP, DPR RI maupun DPRD akan sangat terdongkrak oleh Popularitas yang dicapai oleh Kenius Kogoya saat ini. Bukan hal yang mustahil Partai Hanura Papua dibawah Pimpinan Kenius Kogoya di tahun 2024 akan bisa menjadi Partai dengan perolehan kursi suara terbanyak. Karena Partai partai yang lain masih dipimpin oleh figur-figur Ketua Partai yang sudah senior atau berusia tua.

Juga bukan merupakan hal mustahil, jika tahun 2021 ini Kenius Kogoya yang terpilih menjadi Wagub Papua, bagi Tuhan tidak ada hal yang mustahil. Jika KK berhadapan dengan YW nantinya di DPRP, secara perolehan suara Partai, Demokrat jauh lebih banyak kursinya dibandingkan Hanura, seperti ibarat DAVID melawan GOLIATH. Namun sejarah dalam Alkitab telah menceritakan bahwa justru DAVID yang berhasil mengalahkan Goliath.

Artikel ini telah dibaca 311 kali

Baca Lainnya